Kamis 22 Dec 2022 07:22 WIB

ASDP Minta Penumpang Penyeberangan Beli Tiket Kapal Ferry Lewat Ferizy

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry Angkutan Natal dan Tahun Baru sejak H-60.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Petugas berjalan di aula penjualan tiket penumpang kapal Ferry di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Petugas berjalan di aula penjualan tiket penumpang kapal Ferry di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trafik penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung terpantau ramai dan mengalir. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meminta calon penumpang dapat membeli tiket melalui Ferizy minimal sehari sebelum keberangkatan. 

“Mohon lakukan reservasi tiket jauh-jauh hari. Pengguna jasa lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk wajib beli tiket via Ferizy, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (21/12/2022). 

Baca Juga

Shelvy menuturkan, antusiasme masyarakat melakukan perjalanan libur akhir tahun dengan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk cenderung meningkat. Untuk itu, ASDP meminta seluruh pengguna jasa agar dapat melakukan pemesanan tiket ferry minimal H-1 keberangkatan untuk menghindari antrean sehingga perjalanan liburan semakin nyaman, aman, sehat, dan selamat. 

Khusus pengguna jasa lintas Merak-Bakauheni yang memilih layanan eksekutif, dapat menggunakan layanaan kapal ekspress ASDP. Beberapa diantaranya yakni KMP Portlink, KMP Sebuku, KMP Legundi, dan KMP Jatra 3. 

“Silakan menikmati perjalanan yang seru dengan kapal ekspres ASDP yang menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang nyaman, aman dan sehat bagi penumpang di atas kapal," tutur Shelvy.

ASDP memprediksi trafik penumpang dan kendaraan akan mengalami peningkatan hingga akhir pekan ini yang ramai namun tetap mengalir lancar. Berdasarkan data Posko Merak periode 20 Desember 2022 pukul 08.00 WIB hingga 21 Desember 2022 pukul 08.00 WIB, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit kapal. 

“Realisasi total penumpang mencapai 39.684 orang atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.664 orang. Total kendaraan tercatat 8.983 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra pada H-5 atau naik 12 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 8.036 unit,” ungkap Shelvy. 

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra mulai tercatat 147.450 orang atau naik empat persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 142.410 orang. Lalu untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 32.931 unit. 

"Untuk lintas Ketapang - Gilimanuk, trafik penumpang dan kendaraan terpantau lebih tinggi yang menyeberang dari Jawa menuju Bali. Kita prediksikan, trafik ini akan terus meningkat menjelang Tahun Baru mengingat pulau Bali menjadi destinasi pariwisata favorit yang akan dikunjungi pada liburan akhir tahun yang juga berbarengan dengan libur anak sekolah," jelas Shelvy.

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sejak 60 hari sebelumnya. Masyarakat sehingga masyarakat diimbau agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman. 

Pengguna jasa yang telah membeli tiket diimbau tidak terlambat dan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket akan hangus jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement