Jumat 30 Sep 2022 07:07 WIB

Kenyamanan Bekerja yang Diciptakan Fujifilm Indonesia

Dengan kehangatan kerja di Fujifilm, wajar apabila turnover karyawan tergolong rendah

Keceriaan karyawan Fujifilm Indonesia (FFID) di saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022.
Foto:

Budaya positif ini telah terpatri dalam diri setiap karyawan. Dengan kultur perusahaan yang memihak pada karyawan, wajar rasanya apabila mereka merasa nyaman bekerja di Fujifilm Indonesia. Ditambah lagi, karyawan mempunyai kebebasan dalam mengemukakan ide-ide baru.

Sebagai bagian dari kampanya global Fujifilm 2022, Never Stop, ruang yang telah disediakan diharapkan dapat mendorong lahirnya ide-ide atau inovasi baru. Semua karyawan dari semua divisi diajak berkreasi bersama untuk melahirkan sebuah inovasi.

Usaha Fujifilm Indonesia selaras dengan arahan, presiden, CEO, dan direktur perwakilan perusahaan Fujifilm Holding Tokyo Teiichi Goto, pada April 2022. Setiap individual di Fujifilm harus memiliki earning power. Fujifilm telah menyediakan ruang bagi setiap karyawan untuk mengemukakan ide dan gagasan baru. Dengan keterbukaan ini, diharapkan setiap karyawan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

photo
FFID GM Finance, Accounting Rochadian Maulana, FFID GM Corporate Affairs Rudy Handojo, FFID President Director Masato Yamamoto. - (FFID)
 

Relasi antarkaryawan juga menjadi perhatian

Selain kemudahan-kemudahan dalam bekerja yang diberikan oleh Fujifilm Indonesia, perusahaan juga mementingkan relasi antar karyawan. Selama masa pandemi Covid-19, pertemuan fisik menjadi minim. Dengan mulai terkendalinya situasi pandemi, Fujifilm Indonesia berencana menggelar kegiatan Funesday dan Lunch with President Director.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk kembali hubungan sesama karyawan Fujifilm Indonesia. Funesday adalah kegiatan minum teh atau kopi bersama yang digelar di kantor Fujifilm Indonesia. Kegiatan ini bukan dilakukan di ruang meeting, ataupun pantry kantor, tetapi sebuah area yang dinamakan Green Corner.

Green Corner adalah area tempat berkumpul para karyawan Fujifilm Indonesia. Bukan hanya tempat untuk menggelar Funesday, tetapi tempat ini merupakan saksi bisu banyaknya kegiatan internal yang telah terlewati. Memori kebersamaan para karyawan terekam dengan jelas di area ini.

Ide-ide baru, inovasi yang dirancang atau sekedar canda tawa dan keluh kesah karyawan pun juga terjadi di Green Corner. Area yang dinamakan dengan warna hijau ini pun diambil dari warna perusahaan. Dengan harapan, di area hijau ini lah keberlanjutan lahirnya ide-ide dan inovasi Fujifilm Indonesia akan terus terjadi.

Selain Funesday, keunikan lain di Fujifilm Indonesia adalah kegiatan Lunch with President Director Fujifilm Indonesia, Masato Yamamoto. Kegiatan ini dibalut oleh rasa kekeluargaan penuh simpati dan empati. Simpati untuk saling mengenal lebih dalam. Empati untuk mendengar keluh kesah guna dicarikan solusi bersama.

Kegiatan ini pun jauh dari kesan formal sehingga karyawan dapat dengan mudah berinteraksi dengan Masato. Dengan kehangatan yang dihadirkan oleh jajaran direksi dan manajemen Fujifilm Indonesia, wajar apabila turnover karyawan tergolong rendah. Kenyamanan yang diciptakan membuat karyawan merasa telah menemukan tempat untuk berkarya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement