Senin 19 Sep 2022 23:08 WIB

Semen Baturaja Masih Mengkaji Kemungkinan Naikkan Harga semen

Semen Baturaja maksimalkan efisiensi sebelum naikkan harga produk

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Semen Baturaja. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dengan kode saham SMBR masih melakukan kajian terkait penyesuaian harga semen akibat dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Vice President Corporate Secretary, Semen Baturaja Doddy Irawan mengatakan proses kajian ini masih berjalan.
Foto: Republika/Maspril Aries
Semen Baturaja. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dengan kode saham SMBR masih melakukan kajian terkait penyesuaian harga semen akibat dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Vice President Corporate Secretary, Semen Baturaja Doddy Irawan mengatakan proses kajian ini masih berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dengan kode saham SMBR masih melakukan kajian terkait penyesuaian harga semen akibat dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Vice President Corporate Secretary, Semen Baturaja Doddy Irawan mengatakan proses kajian ini masih berjalan.

"Sementara masih wait and see. Memang yang terdampak langsung dari vendor kita," ujar Doddy saat dihubungi Republika di Jakarta, Senin (19/9).

Doddy mengatakan saat ini perusahaan masih menghitung dampak dari kenaikan (BBM) ke struktur cost Semen Baturaja. Doddy menyampaikan perusahaan terus melakukan sejumlah hal dalam mengantisipasi dampak kenaikan BBM. Doddy menyebut efisiensi menjadi salah satu prioritas utama Semen Baturaja saat ini.

"Yang jelas saat ini perusahaan terus memaksimalkan efisiensi di segala lini," ucap Doddy.

Doddy berharap langkah efisiensi dapat mendorong kinerja perusahaan semakin baik ke depan. Termasuk peningkatan produktivitas dan juga dari sisi penjualan.

"Semen Baturaja juga akan terus berupaya mengejar pertumbuhan volume hingga akhir tahun agar lebih tinggi dari pertumbuhan permintaan," kata Doddy.

Sebelumnya, PT Semen Indonesia Tbk (SIG) berencana menaikkan harga jual produknya seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Semen Baturaja sendiri bakal bergabung dengan holding Semen Indonesia pada akhir tahun ini.

Anggota Komisi VI DPR Amin AK menilai rencana SIG menaikkan harga semen kian memberatkan beban rakyat yang sebelumnya sudah dihantam dengan berbagai kenaikan harga kebutuhan pokok, biaya transportasi, dan lain-lain. Amin meminta pemerintah mempertimbangkan kebijakan harga khusus batu bara untuk industri strategis nasional, seperti industri semen.

"Bagaimanapun saat ini semen sudah menjadi barang kebutuhan strategis. Namun ini merupakan kebijakan yang bersifat jangka pendek," ujar Amin.

Untuk jangka panjang, menurut Amin, industri semen harus melakukan transisi dari penggunaan batu bara ke penggunaan energi yang lebih bersih atau energi terbarukan seperti bio solar. Amin menilai hal tersebut penting dalam menekan ketergantungan pada penggunaan batu bara sebagai bahan bakar.

"Apalagi saat ini sejumlah Lembaga seperti Pertamina, ITB, maupun Badan Litbang Pertanian sudah mampu menghasilkan B100," lanjut Amin.

Politisi PKS itu mengatakan dampak kenaikan harga semen ataupun material bangunan lainnya akan berdampak signifikan pada kemajuan pembangunan infrastruktur. Salah satu yang terkena dampak kenaikan harga semen ialah pembangunan perumahan yang semakin mahal biayanya.

"Kondisi tersebut akan meningkatkan angka kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan (backlog) perumahan yang saat ini sudah diatas 12,75 juta unit," sambung Amin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement