Rabu 14 Sep 2022 05:24 WIB

MUFG Tegaskan Komitmen Bisnis di Indonesia

Pendanaan MUFG telah menyokong pembangunan infrastruktur di Indonesia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) mengumumkan selesainya kunjungan resmi Hironori Kamezawa, Presiden dan CEO MUFG Group ke Jakarta. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan perjalanan bisnis pertama yang dilakukan Kamezawa di Asia Pasifik sejak dilantik pada April 2020.
Foto: istimewa
Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) mengumumkan selesainya kunjungan resmi Hironori Kamezawa, Presiden dan CEO MUFG Group ke Jakarta. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan perjalanan bisnis pertama yang dilakukan Kamezawa di Asia Pasifik sejak dilantik pada April 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) menegaskan komitmen bisnisnya di Indonesia melalui kunjungan resmi Presiden dan CEO MUFG Group, Hironori Kamezawa ke Jakarta. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan perjalanan bisnis pertama yang dilakukan Kamezawa di Asia Pasifik sejak dilantik pada April 2020.

"Ini menegaskan kembali komitmen grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia," katanya dalam keterangan, Selasa (13/9).

Selama tiga hari, ia melakukan rangkaian pertemuan dengan para pemangku kepentingan kunci. Mulai dari pertemuan dengan perwakilan senior Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diskusi dengan jajaran staf dari MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG Bank), beserta mitra strategis PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan Adira Finance.

Ia mengatakan, Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi regional sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Pasifik. Ia juga mengapresiasi komitmen pemerintah Indonesia dalam berinvestasi di bidang infrastruktur dan menyambut investasi asing sebagai bagian dari cetak biru “Visi Indonesia 2045”.

"Jika terpenuhi maka akan menempatkan bangsa ini di antara negara-negara dengan PDB teratas di dunia," kata Kamezawa.

MUFG telah hadir selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Kemitraan strategis MUFG dengan Danamon merupakan bentuk komitmen jangka panjang yang memungkinkan kolaborasi dalam transaksi-transaksi berskala besar, serta inisiatif pemerintah terkait infrastruktur.

Kamezawa menekankan bahwa MUFG dapat mendukung pembangunan Indonesia melalui berbagai cara. Mulai dari memanfaatkan jaringan Asia Pasifik MUFG yang unggul. MUFG telah menginvestasikan lebih dari 14 miliar dolar AS di berbagai bank terkemuka di ASEAN, termasuk Danamon.

Selain itu juga dapat mendukung kebutuhan infrastruktur Indonesia. Prioritas utama MUFG di Indonesia adalah untuk membantu menjawab tantangan terkait rantai pasok.

MUFG mendorong pembangunan infrastruktur di Indonesia tersebut dapat terlihat dari pendanaan MUFG pada beberapa proyek utama pemerintah. Seperti pembangunan stasiun light rail transit di Palembang, jalan tol Balikpapan-Samarinda dan stasiun light rail transit Jakarta-Bogor-Depok- Bekasi.

Kolaborasi juga dapat terus ditingkatkan untuk memperdalam hubungan ekonomi Jepang-Indonesia. MUFG dapat memanfaatkan hubungan mendalamnya dengan perusahaan dan pemerintah Jepang untuk memfasilitasi bisnis di antara kedua negara.

Sentimen korporasi dan investor Jepang di Indonesia tetap kuat, dan bersama dengan Danamon, MUFG akan menjembatani perusahaan lokal dengan perusahaan Jepang melalui acara business matching. Ini adalah sebuah tradisi lama kebanggaan MUFG yang telah berhasil diterapkan pada berbagai kemitraan perbankan di Asia .

Selain itu juga MUFG dapat menjawab tantangan prioritas digitalisasi dan lingkungan di Indonesia. Grup ini akan terus berupaya memanfaatkan berbagai peluang yang ada di dalam jaringan mitra regionalnya, yang juga mencakup raksasa teknologi seperti Grab, untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.

 Presiden Direktur Danamon, Yasushi Itagaki menambahkan bahwa faktor kunci keberhasilan bisnis MUFG di Indonesia antara lain adalah kemampuannya untuk bersinergi dengan seluruh lini bisnis. Selain itu juga membangun kemitraan yang komprehensif, memahami dan  memenuhi kebutuhan nasabah dan komunitas.

"MUFG Bank, Danamon, dan Adira Finance semuanya saling berhubungan dan saling melengkapi sehingga memungkinkan kami untuk melayani dan memberikan solusi finansial secara menyeluruh dari hulu ke hilir rantai pasok, dan ekosistem bisnis," katanya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement