Sabtu 27 Aug 2022 12:40 WIB

NFA: Sistem Resi Gudang Perkuat Tata Kelola Stok Pangan

Komoditas yang sudah masuk dalam sistem resi gudang dinominasi gabah.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
BUMN Holding ID Food merealisasikan implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) komoditas gula pertama di Indonesia. Realisasi ini secara terpusat dilaksanakan di Pabrik Gula (PG) Krebet, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (26/8/2022).
Foto:

Dalam hal upaya perbaikan tata kelola gula sesuai arahan Presiden RI, Arief mengatakan, selain melaui penerapan SRG, NFA dalam kewenangannya telah menetapkan harga pembelian gula kristal putih di tingkat petani Rp 11.500 melalui Surat Edaran Bersama NFA-Kemendag.  

Penetapan harga pembelian tersebut dalam rangka memberikan kepastian harga bagi petani. Ia meyakini peningkatan kesejahteraan petani merupakan salah satu kunci penting dalam peningkatan produksi dan produktivitas tebu.

Dalam lingkup yang lebih luas, Arief berpendapat, optimalisasi SRG dalam sektor pangan akan mendukung penguatan ekosistem pangan.

“Melalui optimalisasi SRG kita dapat kendalikan stok lebih leluasa. Saat ketersediaan di pasar langka dan harga komoditas tinggi, kita bisa intervensi dengan menyalurkan stok yang tersedia sehingga harga kembali stabil. Begitu juga sebaliknya, agar harga pangan tidak jatuh, saat stok melimpah kelebihannya dapat disimpan sesuai mekanisme sistem resi gudang, sehingga kuantitas dan mutunya tetap terjaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, tujuan implementasi SRG di Pabrik Gula ID FOOD Group ini sebagai instrumen tunda jual atau manajemen stok, sehingga pada saat harga komoditas turun dapat menjadi skema untuk mitigasi risiko atas fluktuasi harga.

Kepala Bappebti Kementerian Perdagangan, Didid Noordiatmoko mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian serta Lembaga terkait terus mendorong pelaksanaan SRG secara nasional. Mulai dari pembangunan infrastruktur gudang, pemberian alat sarana prasarana penambahan nilai komoditi yang disimpan di gudang SRG, serta penyediaan sistem informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement