Jumat 15 Jul 2022 12:35 WIB

Kolaborasi Erick-Jaksa Agung Buat Citra BUMN Semakin Positif di Mata Investor Dunia

Kerja sama BUMN dan Kejagung dalam upaya bersih-bersih BUMN memberikan citra positif

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (kanan) menyampaikan keterangan pers di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta,  (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (kanan) menyampaikan keterangan pers di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Eko Hendro Purnomo menilai, apa yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir, bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam upaya bersih-bersih BUMN memberikan citra positif di mata internasional.

Menurut Eko, ikhtiar tersebut menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir berkomitmen menjadi kementerian yang memerangi tindak pidana korupsi.

Eko melihat komitmen tersebut tak hanya berada di lingkungan kementerian, tapi menyentuh seluruh perusahaan BUMN.

“Ini memberikan citra positif bagi para mitra dan investor internasional, bahwa BUMN Indonesia mengedepankan prinsip keterbukaan dan transparansi, serta tindak pandang bulu terhadap tindak pidana korupsi,” ujar Eko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Eko berharap Kementerian BUMN, terutama Menteri BUMN Erick Thohir, terus berusaha menciptakan lingkungan yang bersih. 

“Konsistensi ini menjadi kunci keberhasilan Kementerian BUMN dalam menciptakan lingkup BUMN yang bersih, transparan dan professional,” imbaunya.

Sebelumnya, dalam survei Indikator Politik Indonesia, upaya Erick Thohir melakukan bersih-bersih di BUMN, termasuk berkolaborasi dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin, memunculkan persepsi positif di mata masyarakat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, survei yang menempatkan 1.200 responden ini memunculkan banyak apresiasi dalam usaha Erick Thohir melakukan bersih-bersih BUMN.

“Mayoritas mendukung langkah Erick Thohir melakukan bersih-bersih di BUMN. Banyak juga yang memberikan apresiasi,” kata Burhanuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement