Jumat 15 Apr 2022 19:30 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan di Tasikmalaya Aman

Kementan melakukan pemantauan harga bahan pangan di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya

Rep: Bayu Adji P/ Red: Christiyaningsih
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi, memantau ketersediaan dan harga bahan pangan di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/4/2022)
Foto:

Menurut Dedi, selama pasokan aman kenaikan harga masih akan terkendali. Artinya, kenaikan harga tak akan lebih dari 10 persen. Pihaknya akan terus mengidentifikasi ke sumber-sumber itu untuk memastikan pasokan tetap aman menjelang Lebaran.

"Misalnya untuk kedelai, yang pasokannya berasal dari impor, kami akan hubungi kalangan importir untuk mengamankan pasokannya. Untuk sayuran seperti cabai, saya pastikan aman soalnya baru panen raya. Suplainya masih berlimpah," kata dia.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Enung Nurteti, mengatakan kedatangan Kementan ke Pasar Cikurubuk itu untuk memastikan ketersediaan bahan pangan di Kota Tasikmalaya. Sebab selama ini ketersediaan bahan pangan pokok di Kota Tasikmalaya selalu dilaporkan dalam kondisi aman.

"Setelah dicek, semua dalam posisi aman meski harganya fluktuatif. Untuk sementara Kota Tasikmalaya Aman," ujar dia.

Salah seorang pedagang beras di Pasar Cikurubuk, Azis (50 tahun), menuturkan pasokan beras di tempatnya saat ini masih lancar. Harga beras juga masih cukup stabil yaitu berkisar Rp 9.000 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram. "Belum ada kenaikan dari sebelum puasa," kata dia.

Ia menerangkan harga beras cenderung stabil karena saat ini petani lokal di Tasikmalaya sedang memasuki musim panen. Alhasil, pasokan dalam kondisi aman. Diperkirakan pasokan beras masih akan aman hingga Lebaran.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Cikurubuk, Nina (55), mengatakan saat ini harga daging sapi lokal berada di angka Rp 140 ribu per kilogram. Terjadi kenaikan harga sejak menjelang Ramadhan. "Sebelum puasa Rp 130 ribu. Sebelum puasa naik, sampai sekarang belum turun lagi," jelasnya.

Menurut Nina diperkirakan harga daging sapi akan kembali naik menjelang Lebaran. Puncaknya, harga daging sapi diperkirakan akan mencapai Rp 150 ribu per kilogram. "Biasanya sih H-1 Lebaran," kata Nina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement