Rabu 23 Mar 2022 08:59 WIB

BRI Targetkan Bisa Salurkan 60 persen Jatah KUR ke Sektor Produktif

BRI menyebut kebijakan subsidi KUR menopang ultra mikro yang baru merintis

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja memotong tahu di Pabrik Tahu NJ, Jalan Terusan Pasirkoja, Babakan Ciparay, Kota Bandung. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengoptimalkan penyaluran kredit ke sektor produktif pada tahun ini. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan mendapatkan alokasi dana KUR sebesar Rp 260 triliun atau setara 70 persen dari total dana KUR yang sebesar Rp 373,17 triliun. Supari menyebut sebanyak 60 persen dari dana KUR akan dikucurkan sektor produktif.
Foto:

Selain itu, kebijakan subsidi KUR juga menopang pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang baru merintis. Pasalnya, kucuran modal dari perbankan dapat menjadi suntikan bagi karyawan yang ingin beralih menjadi pelaku usaha.

Sejalan dengan pemulihan UMKM, Supari menyebut kondisi itu turut mendorong pertumbuhan bisnis kredit mikro BRI. Pada tahun lalu, segmen tersebut mampu tumbuh kuat sebesar 13 persen year on year (yoy). Maka itu, porsi kredit mikro pun diproyeksikan akan semakin mendominasi BRI. Dengan pertumbuhan yang tinggi itu, mengubah komposisi kredit mikro terhadap total portofolio kredit BRI, dari 40 persen sebelum masa pandemi menjadi 42 persen.

“Maka semakin nyata kontribusi BRI kepada masyarakat level mikro dan ultra mikro untuk menjangkau mereka dalam hal pembiayaan. Dan dalam corporate planning BRI pada 2025 nanti porsi kredit mikro akan menjadi 45 persen,” ucapnya.

Segmen mikro dan ultra mikro memiliki pertumbuhan yang cepat dan lebih tangguh menghadapi pandemi. Hal ini bisa dilihat juga dari penambahan jumlah nasabah. Pada kurun waktu lima tahun sebelum pandemi, rata-rata penambahan nasabah pinjaman setiap tahun berada kisaran 400 ribu sampai 600 ribu nasabah.

Memasuki masa pandemi pada 2020 penambahan nasabah mencapai 1,2 juta. Adapun tahun lalu bertambah 1,4 juta nasabah. Disbursement kredit mikro harian-pun meningkat dengan rata-rata Rp 1,7 triliun per hari. Peningkatan tersebut menurutnya tak lepas dari kebijakan pemerintah yang tepat dalam penanggulangan pandemi.

 

“Oleh karena itu pada 2022, BRI khususnya bisnis mikro akan tumbuh double digit. Kemudian dari riset terakhir terkait dengan optimisme UMKM di dalam Index Bisnis UMKM semua optimistis. Dengan optimisme pemerintah dalam pengendalian Covid ini maka demand kredit pada 2022 akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement