Rabu 16 Feb 2022 16:57 WIB

PKT Fasilitasi UMK di Marketplace Borneos.co

Borneos.co sebagai bentuk kepedulian PKT terhadap pengembangan UMK.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Logo Pupuk Kaltim (PKT). PKT menghadirkan Bontang Online Store (borneos.co), sebagai sarana jual beli dan promosi UMK secara daring.
Foto:

Wali kota Bontang Basri Rase mengapresiasi kesinambungan upaya PKT membina UMK lokal agar lebih berkembang dan berdaya saing dengan mengenalkan ekosistem digital melalui marketplace yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat. Basri menilai kehadiran borneos.co sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mewujudkan Bontang sebagai Smart City dan sentra UMK di Kaltim sebagai pilar penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

"Salah satu upaya yang dilakukan, Pemkot Bontang meluncurkan program One Product One Village dengan mendorong terbentuknya UMK unggulan di tiap Kelurahan melalui konsep pemberdayaan masyarakat. Program ini telah mulai terealisasi di Kelurahan Bontang Baru dengan jenis usaha produksi tas, yang juga didukung PKT di dalamnya," ucap Basri. 

Basri berharap PKT terus meningkatkan peran dalam membina UMK lokal, mengingat pengembangan UMK merupakan fokus Pemkot Bontang dalam menekan angka pengangguran, sekaligus merubah mindset masyarakat untuk mandiri secara ekonomi dengan mendorong terciptanya jenis usaha dan lapangan kerja baru di berbagai bidang. 

"Melalui sinergi dan kesinambungan upaya yang dilakukan, Pemkot Bontang optimis kemandirian masyarakat mampu tercapai dengan meningkatkan peluang sektor UMK agar lebih maju dan berdaya saing," kata Basri. 

Pengelola borneos.co Kahar Muzakkir mengatakan marketplace ini hadir sebagai solusi bagi UMK untuk meningkatkan peluang penjualan dengan pangsa pasar yang lebih luas, sekaligus mengakomodasi seluruh jenis usaha dan kebutuhan masyarakat dengan akses yang mudah dan cepat. Aplikasi berbasis website ini disiapkan untuk menaungi para pelaku UMK di Bontang dan Kalimantan Timur, yang didukung pembinaan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi usaha dengan berbagai bekal kemampuan. 

"Jadi borneos.co tak hanya sebagai wadah untuk penjualan semata, tapi juga membekali pelaku UMK agar memiliki kemampuan dalam berbisnis secara daring. Ekosistem itu yang akan kita bangun agar pelaku UMK makin berdaya saing," kata Kahar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement