Kamis 13 Jan 2022 17:34 WIB

Percantik Mandalika demi Dongkrak Ekonomi Daerah

Presiden Jokowi meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP pada Maret.

Rep: Dessy Suciati Saputri/Iit Septyaningsih/Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau Pertamina Mandalika International Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). Dalam kunjungannya, Presiden menyimulasikan kedatangan penonton MotoGP Mandalika 2022 dengan mengendarai sepeda motor ke Sirkuit Mandalika dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid hingga ke Sirkuit Mandalika melalui jalur bypass.
Foto:

Terkait transportasi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan transportasi udara untuk gelaran MotoGP di Mandalika pada Maret 2022. Lonjakan penumpang pada saat perhelatan MotoGP Mandalika diprediksi akan terjadi. 

"Jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan lebih banyak daripada penyelenggaraan Superbike yang mencapai hingga 60 ribu orang lebih,” kata Budi usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bandara Internasional Lombok, Kamis (13/1/2022). 

Untuk mengantisipasi hadirnya penonton ke Lombok, Budi mengungkapkan telah menyiapkan sejumlah persiapan. Dia memastikan, jadwal penerbangan secara komuter dari Lombok ke Bali dan sebaliknya akan dilakukan. 

"Jadwal penerbangan tersebut dibuat karena terbatasnya jumlah akomodasi penginapan di Lombok, sehingga harus menginap di Bali," tutur Budi. 

Budi mengatakam, pesawat berbadan lebar juga disiapkan untuk melakukan perjalanan komuter dari pukul 05.00 WITA hinggga 09.00 WITA dari Bali ke Lombok. Jadwal tersebut disiapkan untuk melayani sekitar empat ribu orang. 

Saat ini terminal penumpang Bandara Internasional Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas tujuh juta penumpang per tahun. Selain itu, apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan enam pesawat wide body

Bandara tersebut juga memiliki landas pacu sepanjang 3.300 meter. Landasan pacu tersebut dapat didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777. 

 

Untuk melancarkan mobilitas dari Bandara menuju ke Sirkuit Mandalika, Budi memastikan, Kemenhub juga menyiapkan sejumlah bus shuttle. Bus tersebut disiapkan menyesuaikan dengan jumlah peserta, tim official, dan penonton yang terdaftar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement