Senin 27 Dec 2021 19:31 WIB

Kementerian BUMN Konsolidasikan Klaster Kesehatan

Erick Thohir memastikan Indofarma akan fokus dalam pengembangan industri herbal.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan saat ini sedang mengkonsolidasikan klaster kesehatan BUMN
Foto:

Indofarma fokus industri herbal

 

Erick Thohir memastikan Indofarma akan fokus dalam pengembangan industri herbal pada pengobatan. Hal tersebut menurutnya merupakan bagian dari upaya menekan impor bahan baku obat. 

 

"Indonesia memiliki alam dan kultur yang mumpuni dalam mengembangkan industri tersebut," kata Erick.

 

Erick yakin pada dasarnya, industri herbal di Indonesia memiliki kekuatan. Khususnya dalam hal kekuatan yang dimiliki dari alam dan terdapat kultur mengenai industri herbal.  

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar pemerintah dapat menghentikan impor baik alat kesehatan, obat-obatan, maupun bahan baku obat. Jokowi berharap, barang-barang tersebut dapat diproduksi sendiri di Tanah Air. 

 

“Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita,” kata Jokowi  dalam sambutannya saat melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Denpasar, Senin (27/12). 

 

Saat ini, Kementerian BUMN juga tengah mengkonsolidasikan klaster kesehatan. Upaya tersebut tersebut merupakan bagian dari pembentukan ekosistem demi memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement