Ahad 03 Oct 2021 00:09 WIB

Kisah Sukses Batik Ruzza Pekalongan Tembus Pasar Ekspor

Batik Ruzza setiap bulan berhasil mengekspor ratusan produk ke berbagai negara.

Parade batik. Ilustrasi
Foto:

Pada awal berjualan di Shopee, Arif mendapatkan pendampingan dan edukasi dalam memahami berbagai fitur-fitur di aplikasi e-commerse tersebut oleh tim komunitas melalui program Bimbel Shopee. Setelah lebih paham fitur tersebut, penjualan Batik Ruzza terus meningkat dan pembeli makin percaya dengan produknya.

Kegigihan Arif sudah terlihat sejak awal. Ia rajin mengikuti kelas setiap minggunya dan tim Shopee pun turut membantu mendampingi untuk memastikan bahwa pemilik toko Batik Ruzza itu memahami betul setiap fitur dan program yang ada di Shopee. Oleh karena sudah hampir 6 tahun berjualan di Shopee dan sudah sudah memahami fitur dan programnya, Arif sekarang hanya perlu untuk memperbarui semua fitur dan program terbaru yang bisa ia ikuti di Shopee.

"Dengan perkembangan batik sekarang, berjualan di platform e-commerce seperti Shopee membantu saya untuk menjangkau pasar lebih luas lagi, bahkan sampai ke luar negeri. Saya juga bangga bisa membawa warisan budaya Indonesia ke mancanegara," katanya.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak cukup besar bagi usaha Batik Ruzza milik Arif, namun ia tidak menyerah begitu saja. Arif berusaha untuk tetap terus bertahan hingga produknya dapat terus dibeli oleh konsumen dengan berbagai strategi. Salah satunya bergabung dengan Program Ekspor Shopee pada bulan Maret 2020.

Setelah bergabung dengan Program Ekspor Shopee, pembelinya terdahulu merasa semakin dimudahkan untuk membeli produk Batik Ruzza melalui aplikasi Shopee di negara mereka masing-masing. Selain itu, pasar Batik Ruzza kian diperluas melalui Program Ekspor Shopee sehingga konsumen batik Pekalongan itu dari luar negeri makin bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

 

Batik Ruzza setiap bulan berhasil mengekspor ratusan produk ke berbagai negara seperti Malaysia dan Singapura. Ia mengaku bisa masuk ke tahap ekspor merupakan sebuah proses yang sangat menyenangkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement