Selasa 29 Jun 2021 13:32 WIB

KNEKS-BI Luncurkan Buku Teks Eksyar dan Panduan Magang

Buku ini menjadi simbol untuk memperkuat bahan ajar yang komprehensif.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Bank Indonesia meluncurkan buku teks ekonomi syariah serta buku panduan magang atau praktik kerja di sektor ekonomi dan keuangan syariah, Selasa (29/6/2021).
Foto: Dok KNEKS
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Bank Indonesia meluncurkan buku teks ekonomi syariah serta buku panduan magang atau praktik kerja di sektor ekonomi dan keuangan syariah, Selasa (29/6/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Bank Indonesia meluncurkan buku teks ekonomi syariah serta buku panduan magang atau praktik kerja di sektor ekonomi dan keuangan syariah, Selasa (29/6). Buku-buku tersebut diharapkan dapat menjadi panduan dalam pengembangan Sumber Daya Insani sektor ekonomi syariah nasional.

Direktur Eksekutif Manajemen Eksekutif KNEKS, Ventje Rahardjo mengatakan pengembangan SDI adalah pilar penting untuk membuat Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Sesuai rencana implementasi, KNEKS melakukan percepatan program-program utama di bidang pendidikan.

Baca Juga

"Ini dilakukan dengan kerja sama serta kolaborasi berbagai lembaga, dengan perguruan tinggi hingga asosiasi untuk memperkuat dan memperluas upaya pengembangan ekonomi syariah," katanya dalam peluncuran buku yang dilakukan secara virtual, Selasa (29/6).

Buku ini menjadi simbol penguatan strategi dalam memperkuat bahan ajar yang komprehensif. Buku dapat digunakan baik untuk kegiatan pendidikan formal maupun non-formal, di semua Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Sekaligus menjadi sarana literasi dan publikasi bagi masyarakat umum.

Ventje mengatakan buku praktik magang sendiri tidak eksklusif hanya untuk mahasiswa ekonomi syariah, namun dapat digunakan lintas jurusan bahkan masyarakat luas. Mengingat nilai-nilai didalamnya bersifat inklusif dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Kami merencanakannya untuk mempercepat, perluas, dan mengembangkan ekonomi syariah sehingga bisa memperkuat ketahanan ekonomi nasional," katanya.

photo
Kumpukan buku teks ekonomi syariah yang diluncurkan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Bank Indonesia. - (Dok KNEKS)

Buku-buku ini diluncurkan di hadapan perwakilan pengelola program studi rumpun ekonomi syariah se-Indonesia. Terdapat tiga buku teks diantaranya berjudul Pengantar Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, dan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam yang akan menjadi salah satu referensi utama dalam perkuliahan para mahasiswa program studi rumpun ekonomi syariah.

Ketiganya disusun bersama pakar ekonomi syariah dari sepuluh perguruan tinggi. Pemerintah berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman teoritis mahasiswa dalam aspek keilmuan ekonomi syariah.

Adapun Panduan Magang/Praktik Kerja disusun untuk mendukung perguruan tinggi dalam membekali mahasiswa dalam memperoleh pemahaman praktis akan industri. Sehingga mahasiswa diharapkan memperoleh gambaran komprehensif mengenai situasi ekonomi syariah di tanah air. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement