Kamis 15 Apr 2021 13:29 WIB

Awal 2021, OJK: Jumlah Pengaduan Konsumen Naik 273 Laporan

OJK mencatatkan industri asuransi menduduki urutan kedua jumlah pengaduan konsumen

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan jumlah pengaduan konsumen pada industri asuransi terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir. (ilustrasi).
Foto:

Agus menilai pengaduan terkait PAYDI atau Unit-linked tersebut  bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan pelaku, mulai dari perusahaan, agen, atau bahkan masyarakat selaku nasabah itu sendiri. Dari sisi nasabah, selain yang benar-benar terkena fraud, faktanya masih banyak yang minim pengetahuan atau belum memiliki awareness terkait risiko dari produk asuransi yang dibarengi dengan investasi.

"Maka, untuk pelaku usaha jasa keuangan asuransi, proses penawaran dan penjualan harus terdokumentasi dengan baik, ada rekamannya. Selain itu, perlu ada daftar blacklist agen nakal/fraud, karena kebanyakan pengaduan ke kami, biasanya si agen sudah hilang atau tidak bekerja lagi," ucapnya.

Dari sisi perusahaan, kebanyakan masalah timbul akibat penawaran produk yang kurang memiliki transparansi seperti tidak mengungkap histori kinerja, menekankan kata tabungan agar dianggap tidak berisiko, atau menjamin kepastian bahwa nasabah bakal mendapat profit.

Dari hasil pemetaan OJK, proses pemasaran yang menyerupai bisnis Multi Level Marketing (MLM) pun menjadi salah satu penyebab fraud. Hal ini lebih menekankan bonus income, dan banyaknya agen tidak tersertifikasi.

"Sistem ini membuat kecenderungan agen tidak memberikan pemahaman kepada konsumen dengan baik. Proses pemasaran yang menggunakan metode MLM, jadi agen merekrut agen," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement