Selasa 16 Mar 2021 18:22 WIB

Sentra Vaksinasi Lansia Akan Dibuka di 4 Kota

Sentra vaksinasi dapat melakukan vaksinasi terhadap 14 ribu orang setiap hari.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat meninjau penyuntikan vaksin COVID-19 kepada lansia di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/3). Sentra vaksinasi lansia akan dibuka di 4 kota.
Foto:

Arya mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengizinkan para lansia di Jakarta yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta untuk ikut dalam program sentra vaksinasi bersama BUMN dengan surat domisili di Jakarta. Arya menyarankan para lansia melakukan pendaftaran Sentra Vaksinasi Lansia BUMN di Istora Senayan, melalui https://loket.com/event/vaksinasicovid19untuklansia. Arya menilai penggunaan pendaftaran daring bertujuan untuk mengurangi adanya kerumunan di lokasi vaksinasi.

"Pakai loket.com supaya tidak antre panjang dan memiliki kepastian waktu," kata Arya.

Direktur Transformasi Bisnis Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) selaku holding BUMN kesehatan Antonius Rainier Haryanto mengatakan antusiasme lansia terus mengalami peningkatan sejak sentra vaksinasi bersama BUMN dimulai pada Senin (8/3).

"Kemarin ada 3.100 lansia (yang divaksinasi), sebelumnya 3.400 lansia, dan hari ini luar biasa antusiasme, sampai siang tadi sudah hampir 3.500 lansia," ujar Rainier.

Dalam proses vaksinasi, kata Rainier, terdapat 500 petugas yang terdiri atas tenaga kesehatan dan relawan yang membantu para lansia dalam pelaksanaan vaksinasi. Rainier mengatakan sentra vaksinasi bersama BUMN dilengkapi para petugas kesehatan yang akan membantu pemeriksaaan kesehatan para lansia sebelum divaksinasi.

 

"Para lansia sangat antusias bahkan beberapa tidak bisa tidur sebelum vaksinasi, kami imbau lansia untuk istirahat cukup sebelum vaksinasi," kata Rainier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement