Rabu 24 Feb 2021 14:35 WIB

BPPT: Realisasi TKDN Pembangkit Listrik di Bawah Target

Perlu kerja sama semua pihak untuk bisa meningkatkan TKDN di dalam negeri.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pembangkit listrik, ilustrasi
Foto: Antara
Pembangkit listrik, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BPPT mencatat realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk sektor kelistrikan memang masih di bawah target. Khususnya untuk pembangkit listrik realisasi TKDNnya bahkan masih di bawah 30 persen.

Direktur Pusat Pengkajian Industri Manufaktur, Informatika dan Elektronika BPPT Andhika Prastawa menjelaskan realisasi TKDN di pembangkit memang masih rendah. Hal ini karena juga industri dalam negeri belum mampu memasok kebutuhan PLN dalam hal komponen pembangkit.

Baca Juga

"TKDN pembangkit kan masih rendah supaya ini bisa menjadi perhatian utama. Realisasinya untuk pembangkit masih di bawah 30 persen. Hal ini karena seperti Broiler atau Turbin dengan kapasitas besar masih belum bisa diproduksi dalam negeri," ujar Andhika dalam Webinar TKDN PLN, Rabu (24/2).

Andhika menjelaskan memang dalam negeri industri turbin dan broiler sudah ada meski memang angkanya baru 17 persen dari total keseluruhan pabrikasi kelistrikan. Namun, di satu sisi produksi dalam negeri juga baru bisa memproduksi broiler dan turbin dengan kapasitas pembangkit yang kecil.

"Sebenarnya ada yang di dalam negeri tapi kapasitasnya untuk memenuhi pembangkit yang di bawah 100 MW. Padahal proyek PLN banyak yang diatas itu," ujar Andhika.

Andhika mengatakan perlu kerja sama semua pihak untuk bisa meningkatkan TKDN di dalam negeri. Untuk bisa mendorong pertumbuhan industri dalam negeri juga perlu regulasi yang mendukung pertumbuhan industri ini.

"Harapannya ini bisa ditingkatkan dengan aturan pemerintah, rata rata diatas 40 persen. Kalau pembangkitan bisa 40 persen, maka rata rata TKDN PLN bisa diatas 40 persen," ujar Andhika.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement