Kamis 18 Feb 2021 14:40 WIB

Transaksi Fesyen Muslim Tokopedia Terus Tumbuh

Fashion Muslim di Tokopedia mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat.

Tokopedia (ilustrasi). Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fesyen Muslim secara daring.
Foto: tokopedia.com
Tokopedia (ilustrasi). Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fesyen Muslim secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fesyen Muslim secara daring.

"Hal ini terlihat dari subkategori Fashion Muslim di Tokopedia yang mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat belakangan ini," kata Head of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah, melalui keterangannya, Kamis (18/2).

Baca Juga

Baju koko pria, rompi Muslim, sajadah, sarung, anak dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019. Falah mengatakan, Tokopedia percaya adaptasi dengan berkolaborasi dan berinovasi menjadi kunci menghadapi pandemi.

"Tokopedia juga berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung lebih banyak pegiat usaha di industri fesyen Muslim lokal demi menggerakkan perekonomian nasional yang terdampak pandemi," imbuhnya.

Di sisi lain, Tazkia Hijab Store dan Zoya merupakan contoh pegiat usaha di industri fesyen Muslim lokal. Keduanya telah memanfaatkan platform digital Tokopedia demi beradaptasi sekaligus mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Abu Nasor Al Farobi (Robi), memulai bisnisnya pada 2014 sebagai reseller produk fesyen Muslim. Robi dan istri kemudian mulai mendesain dan memproduksi sendiri produk-produknya dengan nama Tazkia Hijab Store pada 2017.

Namun, awal pandemi memukul keras usaha Robi. "Omzet kami sempat menurun drastis hingga hampir 100 persen," kata dia.

Meskipun demikian, Robi tak lantas patah semangat. Ia kemudian mulai gencar memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia demi meningkatkan penjualan.

Dengan memanfaatkan TopAds dan Bebas Ongkir, ia bisa menarik perhatian pembeli sehingga penjualan produknya perlahan membaik. "Kini transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan awal pandemi," kata Robi menambahkan.

Di sisi lain, Tokopedia melalui akun media sosial Tokopedia Salam juga telah mengadakan kompetisi #SalamBestHijabBrand dalam rangka mengapresiasi para pelaku usaha fesyen Muslim lokal yang terus beradaptasi dan berinovasi selama pandemi.

CEO Shafira Group yang menaungi brand Zoya, Deny Setiawan mengatakan, tingginya apresiasi ini terlihat pada transaksi penjualan yang meningkat hingga lebih dari dua kali lipat di Tokopedia. Apresiasi dan antusiasme masyarakat yang menjadikan Zoya sebagai Hijab Best Brand merupakan motivasi bagi Zoya untuk terus berinovasi memberikan produk yang terbaik sesuai kebutuhan masyarakat.

"Pada 2021, selain produk yang lebih baik, kami juga membawa semangat baru dalam tema koleksi produk yang akan hadir, yaitu Self-Love Scarf Collection," kata Deny.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement