Rabu 17 Feb 2021 11:27 WIB

Pegadaian Cetak Laba Rp 2,02 Triliun di Tengah Pandemi

Aset Pegadaian pada tahun lalu meningkat menjadi Rp 71,47 triliun.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Karyawan PT Pegadaian (Persero) melayani nasabah di kantor Paegadaian Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/10/2020). PT Pegadaian (Persero) mencetak laba Rp 2,02 triliun pada 2020 lalu.
Foto:

Kuswiyoto mengatakan penambahan penempatan dana sebagai cadangan kerugian tersebut merupakan bagian dari manajemen risiko. Pegadaian mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerugian perusahaan dimasa yang akan datang sebagai akibat penurunan kualitas pembiayaan. 

Kuswiyoto menambahkan, selama tahun 2020 Pegadaian telah meluncurkan berbagai produk dan layanan yang membantu masyarakat dalam meningkatkan ketahanan ekonomi di masa pandemi. Program yang dilaksanakan antara lain restrukturisasi dan relaksasi kredit, Gadai Peduli dengan bunga 0 persen, serta penyaluran subsidi bunga UMKM. 

Selain itu Pegadaian juga menggelar berbagai program CSR seperti penyerahan bantuan tunai, sembako, alat kesehatan, alat pelindung diri untuk petugas kesehatan, mobil ambulans, dan bantuan lain dalam rangka pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Pegadaian juga terus melakukan transformasi digital sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Sepanjang 2020 Aplikasi Pegadaian Digital telah digunakan oleh 2,1 juta nasabah dengan 3,4 juta transaksi senilai Rp 5,1 triliun.

"Kami tentu senang, transformasi digital yang dijalankan oleh Pegadaian dapat diterima dan dimanfaatkan oleh banyak masyarakat," katanya. Selain memberikan kemudahan, akurasi, keamanan dan kecepatan transaksi, hal ini sejalan program pemerintah dalam membangun Industri 4.0.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement