Rabu 17 Feb 2021 09:59 WIB

Penerbitan Obligasi dan Sukuk Korporasi Bakal Lebih Ramai

Per 16 Februari 2021, di pipeline BEI ada 3 emisi sukuk dan 7 emisi obligasi.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Sukuk (ilustrasi)
Foto:

Beberapa faktor yang diperkirakan menjadi katalis bagi pendanaan korporasi di pasar modal, antara lain kebijakan moneter dan fiskal yang tetap akomodatif. Ruang penurunan suku bunga akan berlanjut sehingga akan menurunkan cost of fund penerbitan surat utang korporasi.

Faktor selanjutnya yaitu momentum prospek pemulihan ekonomi 2021. Perusahaan mulai membutuhkan pendanaan kembali untuk membiayai ekspansi yang sempat tertunda di tahun 2020. Perusahaan juga membutuhkan dana untuk refinancing atas utang jatuh tempo. 

Selain itu, penerbitan surat utang korporasi juga akan terdorong stimulus dari bank sentral sehingga meningkatkan likuiditas di pasar keuangan. Penempatan dana perbankan di pasar obligasi diperkirakan meningkat. 

Faktor yang tidak kalah penting yaitu adanya tren pelemahan dolar AS di tengah kebijakan akomodatif AS. Hal ini akan diperkirakan akan membuat aliran dana asing kembali ke pasar negara berkembang untuk mencari imbal hasil yang lebih tinggi.

"Secara umum kondisi tersebut memberikan optimisme akan pertumbuhan ekonomi dan diharapkan penerbitan obligasi dan sukuk di tahun ini lebih kondusif dibandingkan tahun 2020," tutur Nyoman. 

Adapun terkait dengan peluang penerbitan obligasi dan sukuk di tahun ini dapat dilihat pada aspek likuiditas obligasi dan sukuk di pasar sekunder. Berdasarkan data BEI, sepanjang tahun 2020 peningkatan investor di Pasar Modal yang terdiri atas investor saham, obligasi, maupun reksadana, mengalami kenaikan 56 persen mencapai 3,88 juta investor. 

Kenaikan investor ini melonjak empat kali lipat dalam empat tahun terakhir. Menurut Nyoman, kondisi tersebut memberikan optimisme akan likuiditas obligasi maupun sukuk, dimana dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang menarik bagi investor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement