Selasa 07 May 2024 18:38 WIB

Luhut Optimistis Pembangunan IKN Capai 80 persen pada Agustus 2024

Luhut berharap upacara 17 Agustus mendatang benar-benar bisa dilaksanakan di IKN.

Pameran proyek pembangunan IKN Nusantara.
Foto: Republika/Prayogi
Pameran proyek pembangunan IKN Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan mencapai sekitar 80 persen pada Agustus 2024.

“Jadi kami dengan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) beserta tim terkait sudah meninjau, dengan mungkin masih ada beberapa pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas. Namun, tadi dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua, memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80 persen sudah bisa selesai sampai kepada bulan Agustus ini,” kata Luhut ketika dari Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Mengenai progres ini, Luhut berharap upacara 17 Agustus mendatang benar-benar bisa dilaksanakan di IKN.

“Kami berharap 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini, dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Seperti airport itu akan bisa didarati, dan bisa mengakomodasi tiga pesawat sampai tanggal 17 Agustus nanti. Tapi, untuk semua, ya, nanti selesai kira-kira setahun lagi selesai,” ucap dia.

Lokasi yang ditinjau Menko Luhut antara lain Tol Akses IKN segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, Plaza Seremoni, serta Kantor Kementerian Koordinator.

Sebelumnya, Luhut mengatakan bahwa pemerintah menyiapkan pemberian relokasi maupun ganti rugi bagi masyarakat yang terdampak persoalan 2.086 hektare lahan di IKN. Penyiapan relokasi maupun ganti rugi itu, kata dia, merupakan upaya pemerintah agar masyarakat tak dirugikan dalam proses pengerjaan proyek strategis IKN.

Dalam kunjungannya ke IKN kali ini, ia berdiskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera menindaklanjuti penyelesaian lahan di IKN tersebut.

"Pokoknya saya berharap semua harus selesai 27 Mei," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement