Kamis 28 Jan 2021 03:13 WIB

Pembiayaan Investasi Tahun Lalu Capai Rp 104,8 Triliun

Pembiayaan investasi ditujukan untuk mendukung UMKM.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Foto:

Beberapa BLU juga diberikan untuk memperkuat daya tahan saing melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Misalnya, BLU LPDP yang mendapatkan alokasi anggaran Rp 18 triliun sepanjang 2020.

Tidak hanya BLU, Sri juga mengalokasikan investasi kepada organisasi dan lembaga keuangan internasional (KLI) untuk memperkuat posisi Indonesia di dalam organisasi LKI. Realisasinya mencapai Rp 700 miliar.

Selain itu, Sri turut memberikan dukungan kepada BUMN melalui investasi pemerintah dalam bentuk pinjaman. Investasi ini ditujukan sebagai stimulus modal kerja BUMN yang terdampak pandemi dan mempercepat proses pemulihan pasca pandemi Covid-19 di daerah.

Sampai akhir tahun, investasi pemerintah di BUMN ini mencapai Rp 39,7 triliun. Beberapa BUMN yang mendapatkan pinjaman adalah PT Garuda Indonesia sebanyak Rp 8,5 triliun dan Rp 3,5 triliun untuk PT KAI.

Terakhir, Sri menuturkan, pembiayaan investasi disalurkan melalui penerimaan kembali. Sumbernya berasal dari BLU LMAN, BLU Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P2H) dan pinjaman PEN untuk pemerintah daerah. "Sudah terealisasi Rp 23,2 triliun," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement