Kamis 21 Jan 2021 14:42 WIB

KBUMN: Klaster BUMN Pangan Tekan Ketergantungan Impor

Bergabungnya BGR Logistics diharapkan dapat mewujudkan layanan logistik terpadu.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan penguatan ketahanan pangan dengan sejumlah cara, salah satunya dengan membentuk klaster BUMN pangan. Klaster pangan ini dipimpin PT RNI dengan anggota klaster antara lain Perum Perikanan Indonesia, PT Berdikari, BGR Logistic, PT Garam, Perikanan Nusantara, PT Pertani, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PT Sang Hyang Seri.
Foto:

Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo menyampaikan kerja sama ini untuk menggali pemanfaatan potensi dari masing-masing BUMN yang meliputi kerja sama logistik terpadu hingga pengembangan teknologi informasi.

"Dengan bergabungnya BGR Logistics menjadi bagian BUMN klaster pangan, kami berharap pekerjaan logistik terpadu dari Perinus dan BUMN klaster pangan lainnya dapat kami kelola," ujar Kuncoro.

Kuncoro menyebut BGR Logistics sebagai BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia siap memberikan layanan logistik terpadu yang efisien dengan implementasi teknologi informasi pada setiap proses bisnis.

Direktur Utama Perinus Farida Mokodompit menilai kerja sama ini akan saling menguntungkan, terutama bagi Perinus yang kerap menghadapi kendala logistik, khususnya di wilayah timur yang merupakan lumbung ikan dengan potensi yang besar. Farida menilai potensi besar di wilayah timur  masih belum dimanfaatkan secara optimal lantaran adanya keterbatasan sarana logistik sarana transportasi yang tidak tepat waktu sehingga para pelaku usah perikanan membatasi produksinya. 

 

"Besar harapan kami dengan terjalinnya kerja sama sinergi ini, kendala logistik yang kami hadapi dapat teratasi dan kerja sama ini dapat segera direalisasikan dan dapat berjalan dengan baik," kata Farida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement