Senin 18 Jan 2021 15:40 WIB

Paceklik Ikan, BLT Perlu Diberikan ke Nelayan Kecil

Kondisi pandemi membuat nelayan terpaksa tetap melaut untuk mendapatkan pendapatan.

Sejumlah nelayan beraktivitas di lokasi tambatan perahu di Pantai Taman Ria, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (8/1). Guna mengatasi permasalahan musim paceklik ikan yang kerap terjadi pada awal tahun, beragam bantuan seperti bantuan langsung tunai (BLT) perlu diberikan kepada nelayan kecil.
Foto:

Sebagaimana diwartakan, pemerintah dinilai perlu untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan kapal nelayan karena selama beberapa waktu terakhir masih kerap terjadi sejumlah kecelakaan yang dialami oleh kapal ikan dan perahu nelayan. "Dalam kurun waktu 1 Desember 2020-1 Januari 2021, terdapat 13 kali insiden kecelakaan yang dialami oleh perahu nelayan dan kapal perikanan di perairan Indonesia," kata Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, Moh Abdi Suhufan.

Menurut dia, kehidupan nelayan Indonesia sangat rentan terhadap kecelakaan kerja ketika melakukan operasi penangkapan ikan. Untuk itu, Abdi menyatakan pemerintah perlu meningkatkan pengawasan, pemberian informasi dini, melengkapi alat keselamatan kerja di kapal dan memastikan nelayan dan awak kapal perikanan ikut serta dalam program asuransi nelayan.

"Dari 13 insiden tersebut, kami mencatat 48 orang korban dengan rincian 28 hilang, 3 meninggal dan 17 selamat," kata Abdi.

Ia mencontohkan, insiden terbaru adalah kecelakaan yang terjadi pada kapal ikan KMN Berkah Abadi yang bertabrakan dengan kapal tanker di perairan Jepara, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Akibat insiden tersebut, 12 awak kapal perikanan KMN Berkah Abadi hilang dan belum ditemukan.

Faktor utama penyebab kecelakaan yang dialami oleh kapal nelayan, masih menurut dia, adalah karena cuaca ekstrim seperti gelombang tinggi yang menyebabkan kapal terbalik, tabrakan dengan kapal besar, kerusakan mesin dan terbawa arus.

 

"Saat ini musim barat yang ditandai dengan cuaca ekstrim seperti gelombang tinggi, nelayan mesti meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti informasi cuaca oleh BMKG," kata Abdi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement