Selasa 05 Jan 2021 13:09 WIB

Produksi 3 Blok Migas Andalan Diproyeksikan Turun Tahun Ini

Salah satu blok migas yang produksinya turun adalah Blok Cepu.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)
Foto:

Sedangkan untuk Blok Mahakam juga akan turun pada 2021. Namun PHM sebagai operator mendapat apresiasi karena telah berinisiatif untuk menekan perkiraaan penurunan produksi tersebut. Dengan strategi kegiatan operasi yang masif dan agresif, PHM telah terdapat persetujuan rencana optimasi pengeboran di Blok Mahakam yang dapat mendongkrak produksi migas.

Selanjutnya adalah blok Cepu yang sudah melalui puncak produksi minyak. Ini terjadi di tahun lalu di mana produksinya sempat menyentuh 230 ribu bph. Secara alami, tekanan dalam reservoir akan berkurang sehingga produksi minyaknya akan turun.

“Tetapi belum ada water cut yang naik. Sehingga, turunnya masih sekitar 220 ribu juga, jadi turun tapi tidak drastis,” ujar Buyung.

Namun ia berharap ExxonMobil sebagai operator Blok Cepu bisa melakukan berbagai terobosan guna menemukan cadangan baru sehingga level produksinya bisa dijaga. Bahkan bukan tidak mungkin produksi Blok Cepu masih dapat naik jika kembali ditemukan tambahan cadangan. “Akan ada inisiatif dari (operator) Blok Cepu,” kata Buyung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement