Jumat 11 Dec 2020 01:20 WIB

Sandiaga Bagikan Tips Jadi Pengusaha

Sandiaga mengatakan anak-anak muda harus memiliki inovasi yang tinggi.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah
Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno. (kanan)
Foto: Dok
Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno. (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha Sandiaga Uno mengungkapkan ada lima karakter dasar yang harus dipenuhi seseorang apabila ingin menjadi pengusaha muda yang sukses. Dia mengatakan, pertama adalah anak-anak muda harus memiliki inovasi yang tinggi.

Langkah selanjutnya, harus berani mengambil risiko. Sandi mengatakan, di tengah pandemi seperti sekarang merupakan saat yang pas untuk mendirikan usaha dan bukan malah menunda usaha. "Banyak yang bilang, 'aduh udah deh, kita tiarap saja dulu'. Padahal di saat krisis inilah saat terbaik untuk membuat usaha," kata Sandiaga melalui keterangan, Kamis (10/12).

Baca Juga

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, langkah ketiga adalah generasi muda harus memiliki karakter proaktif. Keempat, harus selalu melihat dari sisi positif serta jangan pernah sekalipun berpikir pesimistis jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Kelima, generasi milenial dituntut memiliki integritas, intelektual, dan semangat untuk bersinergi. Menurut Sandi, kelima karakter itu merupakan pilar-pilar utama untuk memperkuat karakter anak-anak muda di masa yang akan datang. "Tak lupa, harus menerapkan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas," katanya.

Mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu mengatakan, generasi muda masa kini harus akrab dengan teknologi. Dia menjelaskan, platform digital yang ada harus bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk, mendapatkan modal, berinteraksi dengan pelanggan, dan dipakai untuk berinovasi produk. "Jangan sampai, hanya digunakan untuk update status," katanya.

Sandi mengaku ingin mendorong dan mengajak anak-anak muda di Tanah Air bisa membangun bangsa dan memulihkan ekonomi masyarakat pascakrisis. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini mengatakan, anak-anak muda jangan sekali-kali takut akan kegagalan dalam berusaha.

Dia meminta, generasi muda dapat meningkatkan keterampilan dan mendapatkan pendampingan dari profesional. Dia meyakini bahwa UMKM adalah pahlawan ekonomi yang bisa menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement