Kamis 27 Aug 2020 12:07 WIB

Kemendag Luncurkan Pameran Virtual Produk Lokal di Singapura

Pemerintah menggaet Bukalapak untuk mempromosikan produk UKM Indonesia di luar negeri

Pengunjung mengamati produk usaha kecil dan menengah (UKM) berupa cinderamata berbahan kayu. .
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Pengunjung mengamati produk usaha kecil dan menengah (UKM) berupa cinderamata berbahan kayu. .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meluncurkan Indonesia Virtual Showcase di Singapura, yakni pameran produk-produk lokal Indonesia yang ditampilkan secara virtual di http://showcase.indonesiastore.sg.

"Saya mengucapkan selamat kepada KBRI Singapura atas peluncuran Indonesia Virtual Showcase. Kami sangat mendukung promosi yang dilakukan melalui platform berbasis digital. Kami yakin, saat ini platform digital akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam pemulihan ekonomi," kata Mendag Agus Suparmanto lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Kamis (27/8).

Baca Juga

Platform tersebut memfasilitasi eksportir Indonesia untuk mengembangkan pasar di Singapura dan pasar global. Selain itu membantu importir Singapura menemukan produk Indonesia yang berkualitas dan eksportir Indonesia yang kredibel.

Mendag Agus Suparmanto menjelaskan beberapa upaya yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan perdagangan digital regional.

Salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam ASEAN Online Sale Day (AOSD). Selain itu pemerintah juga telah bekerja sama dengan salah satu unicorn Indonesia, yaitu Bukalapak, untuk mempromosikan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

"Saat ini kami telah memfasilitasi produk Indonesia di platform laman pemasaran (marketplace) Amazon dengan nama Archipelago. Selain itu kami juga gencar menggalakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai bentuk dukungan kepada UKM agar mau mempromosikan produknya di platform unicorn Indonesia," ujar Mendag.

Mendag berharap ke depannya platform ini dapat meningkatkan promosi produk Indonesia, sehingga dapat mendorong peningkatan ekspor dan pembangunan ekonomi Indonesia. Platform itu diharapkan dapat semakin mempererat hubungan bisnis kedua negara sahabat Indonesia-Singapura.

Pada kesempatan tersebut Mendag Agus Suparmanto juga mempromosikan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 yang rencananya akan diselenggarakan secara virtual pada 10 November 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement