Kamis 28 May 2020 12:41 WIB

Valuasi BRI Capai Rp 52,4 Triliun

Valuasi yang tinggi jadi cerminan kinerja BRI yang tetap tumbuh di tengah tantangan.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia pada riset yang diterbitkan oleh Brand Finance: Banking 500 2020. Dalam riset tersebut, valuasi merek BRI ditaksir mencapai 3,5 miliar dolar AS atau senilai Rp 52,4 triliun.
Foto: ANTARA FOTO
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia pada riset yang diterbitkan oleh Brand Finance: Banking 500 2020. Dalam riset tersebut, valuasi merek BRI ditaksir mencapai 3,5 miliar dolar AS atau senilai Rp 52,4 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia pada riset yang diterbitkan oleh Brand Finance: Banking 500 2020. Dalam riset tersebut, valuasi merek BRI ditaksir mencapai 3,5 miliar dolar AS atau senilai Rp 52,4 triliun. 

Sekretaris Perusahaan BRI Amam Sukriyanto mengatakan perseroan menduduki peringkat ke-81 dari 500 bank terbaik di dunia dan menjadi peringkat teratas merek bank paling bernilai di Indonesia. Valuasi merek BRI pun meningkat dibanding 2019, pada tahun lalu nilai merek BRI menurut versi Brand Finance tercatat sebesar 3,2 miliar dolar AS.

“Nilai brand BRI masih dapat tumbuh berbanding terbalik dengan kondisi total valuasi merek dari 500 bank di dunia secara total nilainya turun dari semula Rp 1,36 triliun pada 2019 menjadi Rp 1,33 triliun pada tahun ini,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (28/5).

Menurutnya peningkatan ini merupakan cerminan kinerja perseroan yang tetap dapat tumbuh berkelanjutan di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan. Adapun metodologi yang digunakan oleh Brand Finance dalam menyusun valuasi merek terdiri dari beberapa tahapan.

Tahapan tersebut di antaranya dengan menggabungkan hasil penilaian Brand Strengh Index (BSI), Brand Royalty Rate serta kinerja Bank BRI secara keseluruhan. Brand Finance sendiri merupakan konsultan valuasi merek terkemuka di dunia yang telah menerapkan standard ISO 16088 dan ISO 20671 serta tergabung dalam Marketing Accountability Standards Board.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement