Ahad 24 May 2020 10:45 WIB

Ada Corona, Harta Miliarder AS Bertambah 434 Miliar Dolar AS

Dua miliarder miliarder AS yang hartanya bertambah adalah Jeff Bezos dan Zuckerberg

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Orang kaya raya (ilustrasi)
Foto: spdi.eu
Orang kaya raya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para miliarder Amerika Serikat mengantongi peningkatan kekayaan yang melonjak sebesar 434 miliar dolar AS selama penerapan karantina wilayah AS sejak pertengahan Maret hingga pertengahan Mei 2020, menurut sebuah laporan baru.

Seperti dilansir CNCB, Ahad (24/5), dua miliarder yang mengalami peningkatan kekayaan seperti Jeff Bezos bos Amazon dan Mark Zuckerberg pendiri Facebook mendapatkan keuntungan cukup besar. 

Baca Juga

Hal itu menurut Laporan Kewajaran Pajak Warga Amerika dan Program Institute for Policy inequality untuk Program Keadilan. Laporan ini didasarkan pada data Forbes untuk lebih dari 600 miliarder Amerika antara 18 Maret hingga 19 Mei, ketika sebagian besar negara bagian AS terkunci.

Keuntungan miliarder itu mencerminkan bagaimana pandemi corona telah memberi keuntungan kepada perusahaan terbesar yang fokus pada teknologi. Sekalipun, ketika ekonomi dan tenaga kerja bergulat dengan krisis ekonomi terburuk dalam sejarah baru-baru ini.

Menurut laporan tersebut, kekayaan bersih miliarder AS tumbuh 15 persen selama periode dua bulan, dari 2.948 triliun dolar AS menjadi 3.382 triliun dolar AS . Keuntungan terbesar berada di puncak piramida miliarder dengan lima miliarder terkaya, Jeff Bezos, Bill Gates, Zuckerberg, Warren Buffett, dan Larry Ellison.

Elon Musk memiliki persentase keuntungan terbesar dari miliarder selama dua bulan, dilihat dari kekayaan bersihnya yang melonjak 48 persen dalam dua bulan menjadi 36 miliar dolar AS.

Zuckerberg berada di peringkat berikutnya, dengan kekayaan yang melonjak 46 persen dalam dua bulan, menjadi 80 miliar dolar AS. Kekayaan Jeff Bezos pun meningkat sebesar 31 persen menjadi 147 miliar dolar AS. Mantan istri Bezos, MacKenzie Bezos, yang menerima saham Amazon dalam perceraian mereka, juga melihat kekayaannya meningkat sepertiga, menjadi 48 miliar dolar AS.

Selanjutnya diikuti kekayaan Warren Buffett telah menurun 20 miliar dolar AS, menurut Bloomberg Billionaire's Index, sementara Gates turun sebesar 4,3 miliar dolar AS.

Di sisi lain, terdapat miliarder yang mengalami kerugian besar selama periode dua bulan. Terutama bagi mereka yang berbisnis di pariwisata, perhotelan atau bisnis ritel yang belum melihat stok dan perusahaan mereka pulih.

Ralph Lauren misalnya, melihat kekayaannya turun 100 juta dolar AS menjadi 5,6 miliar dolar AS. Sedangkan pengusaha hotel John Pritzker melihat kekayaannya turun 34 juta dolar AS menjadi 2,56 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement