Jumat 07 Feb 2020 18:17 WIB

Tarif Tiga Ruas Tol Ini Segera Disesuaikan

Penyesuaian tarif sudah tercantum dalam rencana bisnis Jasa Marga.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Tarif tol
Foto: Republika
Tarif tol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali akan menyesuaikan tarif tol pada 2020. Pada akhir Januari 2020, Jasa Marga sudah menyesuaikan tarif pada enam ruas tol.

Corporate Secretary Jasamarga Agus Setiawan mengatakan saat ini sudah mengusulkan tiga ruas tol lagi yang akan mengalami penyesuaian tarif. "Dalam waktu dekat ada ruas Surabaya-Gempol, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, dan Palimanan-Kanci," kata Agus di Hotel Grandhika, Jakarta, Jumat (7/2).

Hanya saja, Agus mengatakan belum mengetahui kapan proses penyesuaian tarif di tiga ruas tol tersebut dilakukan. Menurutnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perlu melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Meskipun begitu, Agus menuturkan penyesuaian tarif yang dilakukan Jasa Marga sudah sesuai ketentuan. "Ini diusulkan oleh Jasa Marga kepada pemerintah setiap periode waktunya," ungkap Agus.

Dia menambahkan, penyesuaian tarif sudah tercantum dalam rencana bisnis Jasa Marga. Menurutnya, setiap tahun Jasa Marga merencanakan program, pendapatan, dan beban yang ada.

"Dari evaluasi kita bisa melihat pendapatan ini seperti apa. Misal di suatu ruas ada banjir, berarti beban akan bertambah dan bagaimana caranya banjir jangan sampai mengganggu," ujar Agus.

Sebelumnya, enam ruas tol Jasa Marga sudah mengalami penyesuaian pada 31 Januari 2020. Keenam ruas tol tersebut yakni Tol Cawang-Tomang-Pluit, Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol-Jembatan Tiga-Pluit, Tol Ujung Pandang tahap I, Tol Gempol-Pandaan tahap I, Tol Bali-Mandara, dan Tol Pondok Aren-Serpong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement