Senin 20 Jan 2020 13:22 WIB

Oxfam: Pemerintah tak Maksimal Atasi Kesenjangan pada Wanita

Pemerintah gagal mengumpulkan pajak yang harusnya bisa memperbaiki kemiskinan.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolanda
Seorang perempuan migran mengangkut batu bata di pabrik Kathmandu, Nepal, Kamis (9/1). Perempuan mendapatkan manfaat paling sedikit dari perekonomian dunia saat ini.
Foto: AP Photo/Niranjan Shrestha
Seorang perempuan migran mengangkut batu bata di pabrik Kathmandu, Nepal, Kamis (9/1). Perempuan mendapatkan manfaat paling sedikit dari perekonomian dunia saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SWISS – Laporan baru Oxfam bertajuk Time to Care memperlihatkan, ketidaksetaraan menjadi permasalahan tidak terkontrol. Laporan Time to Care memperlihatkan upaya pemerintah yang belum maksimal dalam mengatasi kesenjangan ekonomi pada perempuan dan anak perempuan. 

Laporan itu menyebutkan, pemerintah gagal mengumpulkan pajak individu dan korporasi terkaya yang seharusnya mampu memperbaiki kemiskinan dan ketidaksetaraan pada perempuan. Pada saat bersamaan, pemerintah kekurangan dana layanan publik dan infrastruktur penting yang mampu membantu mengurangi beban kerja permepuan dan anak perempuan. Misal, investasi dalam air dan sanitasi, listrik maupun pengasuhan anak.

Baca Juga

Padahal, penyediaan akses ke sumber air yang lebih baik dapat membantu perempuan di daerah Zimbabwe. Mereka dapat menghemat waktu empat jam kerja sehari atau dua bulan setahun.

CEO Oxfam India, Amitabh Behar, mengatakan, pemerintah yang menciptakan krisis ketimpangan. Mereka juga yang harus bertindak sekarang untuk mengakhirinya. 

"Mereka harus memastikan perusahaan dan individu kaya membayar bagian pajak mereka yang adil dan meningkatkan investasi dalam layanan dan infrastruktur publik," ujarnya.

Selain itu, Behar menambahkan, pemerintah harus mengeluarkan regulasi untuk mempermudah pekerjaan perawatan. Pemerintah juga wajib memastikan, orang-orang yang melakukan pekerjaan perawatan dibayar dengan upah layak.

Secara umum, Behar menganjurkan, pemerintah sebaiknya memprioritaskan pekerjaan perawatan sama seperti sektor lain. Tujuannya, untuk menciptakan kondisi ekonomi yang menguntungkan banyak orang, tidak hanya orang tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement