Selasa 07 Jan 2020 17:55 WIB

American Airlines Dapat Ganti Rugi dari Boeing

American Airlines akan gunakan kompensasi untuk program bagi hasil karyawan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda
Pesawat Boeing 737 MAX 8 tengah uji terbang di lapangan udara Renton, Washington, Amerika Serikat.
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Pesawat Boeing 737 MAX 8 tengah uji terbang di lapangan udara Renton, Washington, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Maskapai American Airlines Group telah mencapai perjanjian rahasia dengan Boeing Co untuk mengatasi kerugian yang ditimbulkan pada tahun 2019 karena grounding yang berkelanjutan dari armada pesawat Boeing 737 MAX. Maskapai penerbangan terbesar AS tersebut mengatakan kompensasi akan diterima selama beberapa tahun.  

Maskapai ini akan menggunakan lebih dari 30 juta dolar AS dari kompensasi untuk program bagi hasil karyawan tahun 2019.

American pada Senin (7/1) mengatakan pihaknya tidak mengharapkan dampak finansial material dari perjanjian yang akan direalisasikan dalam pendapatan kuartal keempat 2019 dan akan melanjutkan pembicaraan mengenai kompensasi untuk kerugian terkait dengan grounding MAX setelah 2019.

Asosiasi Petugas Penerbangan Profesional, yang mewakili 28 ribu pramugari American Airlines, mengatakan, mereka menyambut baik berita tentang kompensasi tersebut, dan sedang mengevaluasi detailnya.

Jet 737 MAX terlaris Boeing telah di-grounding sejak dua kecelakaan fatal dalam lima bulan yang menewaskan 346 orang. Perusahaan menghentikan produksi bulan ini. Sejumlah maskapai penerbangan telah mencapai penyelesaian rahasia dengan Boeing dalam beberapa pekan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement