Senin 30 Dec 2019 20:59 WIB

PLN Pastikan Keandalan Listrik Istana Kepresidenan Yogya

Presiden berencana melewatkan malam pergantian tahun di Yogyakarta.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
PLN menjamin keandalan dan pasokan listrik di Istana Presiden jelang malam pergantian tahun.  Foto Istana Kepresidenan Yogyakarta.
Foto: kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id
PLN menjamin keandalan dan pasokan listrik di Istana Presiden jelang malam pergantian tahun. Foto Istana Kepresidenan Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin kelistrikan di sejumlah obyek penting yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman dalam rangka menyambut malam pergantian tahun. Salah satu obyek penting yang dimaksud adalah Istana Kepresidenan Yogyakarta (Gedung Ageng).

Seperti diketahui Presiden RI, H Joko Widodo berencana melewatkan malam pergantian tahun, kali ini di Kota Yogyakarta. Guna menjamin keandalan pasokan listrik di penghujung tahun nanti, PT PLN telah memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan yang ada di wilayah tersebut cukup andal.

Baca Juga

Dalam keterangan pers yang diterima Republika, Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, terkait dengan kesiapan ini, ia telah melakukan kunjungan langsung ke sejumlah obyek penting yang ada di Kota Yogyakarta bersama dengan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali, Haryanto WS, pada Senin (30/12) ini.

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan komitmen PT PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bertepatan dengan momentum pada perayaan tahun baru 2020 nanti. “Kami melihat secara langsung kesiapan keandalan listrik khususnya di Wilayah Jawa Tengah dan DIY agar masyarakat bisa merayakan tahun baru 2020 dengan nyaman,” katanya.

Pada kegiatan ini, Darmawan dan Haryanto WS berikut rombongan juga berkesempatan mengunjungi Gardu Induk (GI) Wirobrajan 150 kV maupun GI Gejayan 150 kV untuk memeriksa kondisi infrastruktur kelistrikan secara riil di lapangan.

Selain itu rombongan juga berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta. “Kami memastikan keandalan dan keamanan kelistrikan di sana (Istana Kepresidenan Yogyakarta) untuk akhir tahun sangat aman,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Feby Joko Priharto menyampaikan, selain Istana Kepresidenan, PLN UID Jawa Tengah dan DIY juga memprioritaskan pengamanan pasokan listrik di titik-titik pusat keramaian maupun aktivitas warga pada liburan akhir tahun ini.

“Seperti di terminal, stasiun kereta api, bandara hingga lokasi - lokasi wisata, yang menjadi pusat kunjungan wisatawan pada liburan akhir tahun di wilayah DIY maupun di wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Sejalan dengan semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali, Haryanto WS juga mengimbau kepada para petugas yang berjaga di titik vital kelistrikan untuk dapat meminimalisir segala potensi gangguan dengan melakukan tindakan preventif sebelum malam tahun baru.

Tak lupa, ia pun turut memotivasi dan memberikan semangat kepada seluruh jajaran petugas PLN untuk tetap siaga dalam menjaga keandalan pasokan listrik selama libur akhir tahun kali ini. “Mereka siap memberikan yang terbaik,” tandasnya.

Sebelumnya, masih dalam agenda kunjungan yang sama, Haryanto juga menyambangi Posko PLN UP3 Surakarta, GI Jajar Surakarta 150 kV, GITET Ungaran 500 kV, Kantor PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B), dan Kantor Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement