Kamis 05 Dec 2019 12:03 WIB

Markplus Institute Apresiasi Strategi SDM Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia melakukan sertifikasi SDM, LDP dan branding assesment.

Rep: MUhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi menerima penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility di Jakarta, Rabu (4/12).
Foto: Dok Pupuk Indonesia
Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi menerima penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility di Jakarta, Rabu (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (persero) dianugerahi penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility pada Rabu (4/12) di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi.

Pupuk Indonesia terus mengembangkan dan melakukan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bidang pekerjaan. Salah satunya dalam bidang pemasaran. Beragam langkah strategis dan inovatif telah dilakukan, di antaranya lewat program sertifikasi SDM bidang pemasaran, Leadership Development Program (LDP), dan program branding assesment.

Baca Juga

Winardi mengatakan, program sertifikasi SDM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga Pemasar yang semula lebih banyak berperan mendistribusikan produk menjadi memasarkan produk. Rata-rata jumlah tenaga pemasar tersertifikasi sebesar 20 persen per tahun.

"Program ini juga sebagai salah satu upaya mendukung program transformasi bisnis di Pupuk Indonesia yang diimplementasikan sejak 2017 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan industri ke depan," ujar Winardi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Kamis (5/12).

Winardi menjelaskan, saat ini, telah terlaksana program tutorial dan sertifikasi tenaga pemasar sebanyak lebih dari 80 persen dari hasil mapping jumlah tenaga pemasar di Pupuk Indonesia Grup yang potensial. "Sejak program ini dilaksanakan pada Desember 2018 sampai Desember 2019 telah diiikuti sebanyak 368 orang peserta tenaga pemasar," kata Winardi.

Selain itu, lanjut Winardi, Pupuk Indonesia juga memiliki program LDP untuk pegawai tingkat grade I dan II. Di dalam program ini terdapat materi tentang Competitive Strategic yang dibutuhkan dalam peningkatan Kompetensi seorang Leader. Latar belakang program tersebut yakni sebagai wadah pengembangan kepemimpinan yang disiapkan untuk membekali para calon pemimpin perusahaan.

"Program ini telah terlaksana dengan rata-rata jumlah karyawan yang mengikuti sebesar 20 persen per-tahun atau untuk 2019 sebanyak 237 orang peserta," kata Winardi.

Adapun langkah lainnya dalam rangka penguatan SDM yakni program branding assesment di bidang pemasaran. Winardi menerangkan, branding merupakan bagian yang penting dalam hal meningkatkan daya saing perusahaan sehingga perlu disiapkan sebuah strategi sebagai pedoman Pupuk Indonesia beserta anak perusahaan dalam membangun citra perusahaan.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang kami raih dalam ajang Markplus Institute Award 2019. Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan langkah transformasi yang kami lakukan, dan menjadi apresiasi bagi segenap insan pegawai untuk terus mengembangkan kompetensi, dalam rangka meningkatkan daya saing," kata Winardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement