Kamis 28 Nov 2019 14:55 WIB

Selain Urus Bisnis, Ciputra Hobi Seni Hingga Bangun Sekolah

Ciputra telah membangun empat universitas dan 16 sekolah.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda
Jenazah pengusaha Ciputra disemayamkan di Gedung Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (27/11/2019).
Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
Jenazah pengusaha Ciputra disemayamkan di Gedung Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semasa hidupnya, Ir Ciputra di kenal dengan segudang karya dan prestasinya di bidang bisnis properti. Mulai dari pembangunan proyek Pasar Senen, kompleks perkantoran modern World Trade Center (WTC), hingga pendirian wahana wisata Taman Impian Jaya Ancol adalah sederet karya miliknya di bawah Grup Jaya dan Grup Metropolitan yang dia gagas di awal karirnya.

Namun, selain sibuk dengan urusan bisnisnya, pria yang akrab disapa Pak Ci ini ternyata juga memberikan perhatian khusus untuk bidang sosial kemasyarakatan khususnya di bidang pendidikan. "Pak Ciputra ingin membuat negara Indonesia menjadi negara enterpreneurship, salah satunya melalui pendirian sekolah dan universitas," ujar Direktur Senior Grup Ciputra, Antonius Tanan, Kamis (28/11).

Baca Juga

Dia berkontribusi nyata dengan mendirikan sejumlah yayasan antara lain Yayasan Don Bosco, Yayasan Ciputra Pendidikan, Yayasan Tarumanegara, Yayasan Citra Kristus, Yayasan Jaya Raya, Yayasan Citra Berkat dan lainnya. 

Tercatat sekurangnya ada empat universitas dan 16 sekolah yang ikut didirikan dan dikelolanya melalui yayasan-yayasan tersebut, seperti Universitas Ciputra, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Tarumanagara, Sekolah Ciputra Surabaya, Sekolah Citra Berkat, Sekolah Citra Kasih, Metland School dan Sekolah Don Bosco. 

Sampai sekarang, lembaga pendidikan ini telah mendidik dan meluluskan lebih dari 100 ribu orang. Selain itu, Pak Cik juga sangat mencintai dunia seni, terutama seni lukis dan seni patung. 

Berangkat dari kecintaan tersebut, dia  mendirikan Ciputra Artpreneur, sebuah pusat seni yang terdiri dari Theater, Gallery, dan Museum. Theater Ciputra Artpreneur merupakan venue pertunjukan berskala internasional berkapasitas 1.157 tempat duduk, dilengkapi dengan sound system yang lengkap. 

Ciputra Artpreneur juga memiliki gallery dan exhibition center seluas 1.500 meter persegi dan museum. Ciputra Artpreneur ini dibangun di sebuah kompleks CBD mixed-used Ciputra World 1 Jakarta yang terintegrasi dengan mal, perkantoran, hotel, dan apartemen.

Ciputra dengan sederet karyanya yang terdiri dari 81 proyek residensial skala besar, 30 tower apartemen, 16 sekolah, 4 universitas, 14 hotel, 13 mal, 12 perkantoran, 7 rumah sakit, 3 theme park, 3 vila, 2 pasar modern, dan 5 pergudangan, masih terus menyemangati para penerusnya untuk mewujudkan mimpi dan harapannya untuk mencapai yang lebih baik lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement