Selasa 26 Nov 2019 13:38 WIB

Pertamina Diminta Cari Partner untuk Dongkrak Produksi Migas

Pertamina sedang mencari partner untuk pengelolaan Blok Rokan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kiri) dan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama (tengah) menghadiri pembukaan Pertamina Energy Forum 2019 di Jakarta, Selasa (26/11/2019).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kiri) dan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama (tengah) menghadiri pembukaan Pertamina Energy Forum 2019 di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mendorong PT Pertamina (Persero) untuk bisa menggaet partner ataupun bekerjasama dengan perusahaan migas multinasional lainnya untuk memaksimalkan produksi minyak dan gas nasional. Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan dengan kerjasama ini Pertamina bisa lebih efisien dan besar kedepannya.

Arifin menjelaskan ada dua strategi untuk mengoptimalisasi produksi migas nasional yang dilakukan Pertamina, ‎strategi jangka pendek adalah memperkuat kapasitas keuangan dan teknis, pemerintah akan mengizinkan Pertamina bergandeng mitra-mitra terpercaya guna meningkat aliran modal kedalam negeri.

Baca Juga

"Strategi j‎angka panjang, mempertahankan tingkat produksi yang ada, mengubah sumber daya alam menjadi cadangan, melaksanakan EOR dan meningkat eksplorasi‎," kata Arifin di Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Arifin, sebagai perusahaan energ‎i nasional, Pertamina harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan migas dalam negeri dengan meningkatan produksi migas dan membangun infrastrutur.

"Guna memenuhi kebutuhan pertumbuhan  kebutuhan energi dalam negeri, Pertamina bekerja keras untuk mencapai target pemerintah terkait peningkatan produksi dan cadangan migas maupun membangun infrastruktur migas,"‎ ujar Arifin.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati juga mengamini hal ini. Ia mengatakan kedepan memang Pertamina sangat membuka tangan untuk bisa bekerjasama dengan partner perusahaan migas lainnya. Hal ini kata Nicke juga sebagai salah satu upaya perusahaan untuk bisa meningkatkan portofolio perusahaan.

"Jadi sebenernya di hulu hampir semua global player pakai partnership buat meningkatkan portofolio dan teknologi," ujar Nicke saat ditemui dalam kesempatan sama.

Nicke juga menjelaskan langkah ber-partner sudah dilakukan oleh Pertamina di beberapa wilayah kerja migas. Terbaru, kata Nicke, Pertamina sedang mencari partner untuk pengelolaan Blok Rokan.

"Rokan juga kita akan gandeng partner. Jadi kita bisa meningkatkan di area lain," ujar Nicke.

Nicke juga saat ini Pertamina sedang memetakan wilayah kerja mana lagi yang akan dicarikan partner-nya. Harapannya dengan adanya partner maka Pertamina bisa meningkatkan produktifitas produksi.

"Kita melakukan evaluasi terhadap beberapa WK kita untuk ditawarkan ke pihak lain supaya ada peningkatan eksplorasi," ujar Nicke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement