Sabtu 16 Nov 2019 06:32 WIB

Batik Air Resmi Luncurkan Jaringan Wifi di dalam Pesawat

Pemasangan wifi di Batik Air sukses pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO.

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana pesawat baru Batik Air tipe Airbus 330-300 yang terparkir di apron Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (8/11) yang akan melayani penerbangan umrah mulai 10 Desember 2019.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Suasana pesawat baru Batik Air tipe Airbus 330-300 yang terparkir di apron Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (8/11) yang akan melayani penerbangan umrah mulai 10 Desember 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Batik Air resmi memasang jaringan internet atau wifi di dalam pesawat. Pemasangan wifi sukses dilakukan pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO beregistrasi PK-LAZ, PK-LUH dan PK-LUI.

“Ketersediaan wifi entertainment ialah bagian inovasi perusahaan dalam melengkapi layanan hiburan seperti majalah dan koran yang sudah tersedia di dalam kantong kursi, kelas bisnis dan kelas ekonomi,” kata Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Achmad Luthfie dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/11).

Baca Juga

Luthfie melanjutkan, proses pemasangan telah mendapatkan sertifikasi dari regulator dan mengikuti aturan pengoperasian pesawat udara. Sehingga setiap perangkat yang terpasang pada armada Batik Air, sudah menjalani pemeriksaan dan persetujuan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kehadiran wifi pada pesawat Batik Air ungkap Luthfie, merupakan bagian dari komitmen dari Batik Air dalam menambah layanan premium service airlines kepada para tamu berupa media hiburan. Langkah ini tambahnya, untuk mengakomodir dari audio video visual on demand (avod) yang belum tersedia dalam pesawat Batik Air.

Konten layanan dari wifi entertainment yang dapat dinikmati setiap tamu pada penerbangan Batik Air, antara lain video (movies and TV shows), musik video, permainan, program anak-anak, gaya hidup, Instagram, percakapan tertulis antarpersonal dalam pesawat (on-board chat), berita, dan majalah elektronik. “Fitur wifi entertainment menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan AirFi tidak mengizinkan tamu atau pihak lain mengakses data peribadi,” kata Luthfie.

Untuk mengakses wifi on-board, tambah Luthfie, setiap tamu mengikuti beberapa langkah. Pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Kedua, ubah dalam wifi connection pada ponsel dan pilih Batik Entertainment. Setelah berhasil, para tamu dapat menikmati wifi entertainment Batik Air.

“Batik Air mengharapkan, setiap tamu semakin mudah melengkapi pengalaman perjalanan dalam waktu tempuh kurang dari satu jam atau lebih dari satu jam. Hal ini sebagai upaya memanjakan kebutuhan tamu terhadap koneksi internet di udara,” terangnya.

Batik air yang sudah terpasang  wifi entertainment yaitu melayani rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Makassar, Makassar – Sorong, Sorong – Makassar, Makassar – Surabaya, Surabaya – Makassar, Makassar – Kendari, Kendari – Soekarno-Hatta, Tangerang, Soekarno-Hatta, Tangerang – Gorontalo, Gorontalo – Soekarno-Hatta, Tangerang, Soekarno-Hatta, Tangerang – Ternate, Ternate – Soekarno-Hatta, Tangerang, Soekarno-Hatta, Tangerang – Palembang Makassar – Palu, Palu – Makassar dan Makassar – Soekarno-Hatta, Tangerang.

Partnership penyediaan wifi on-board bersama PT Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia). Sedangkan untuk pemasangan perangkat tersebut dilakukan oleh Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat member of Lion Air Group.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement