Sabtu 09 Nov 2019 17:37 WIB

PPMP Pertamina EP Tumbuh Bersama Masyarakat di Aceh Tamiang

PPMP Pertamina adalah suatu wadah untuk menyebarluaskan berbagai disiplin ilmu

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) di kompleks PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) di kompleks PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH TAMIANG -- Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) adalah suatu wadah untuk menyebarluaskan berbagai disiplin ilmu atau sektor usaha seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, home industry, ekonomi kreatif, kepemudaan dan energi alternatif dengan konsep ramah lingkungan, berkelanjutan dan inovatif.

"PPMP memiliki fokus dalam peningkatan kapasitas (capacity building), memiliki konsep dasar dalam setiap pelaksanaan kegiatan program (pelatihan, kunjungan belajar dan pengembangan energi) maupun pengelolaan harian di tiap sektor usaha yaitu LEISA (Low External Input Sustainable Agriculture)," ujar

Baca Juga

Rantau Field Manager PT Pertamina EP, Totok Parafianto, di Rantau, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Jumat (8/11).

Dia menambahkan, keunikan lain dari PPMP Rantau adalah satu-satunya pusat pembelajaran yang dikembangkan oleh perusahaan untuk masyarakat. "Pada implementasinya PPMP membina kelompok Petra Tani yang merupakan binaan khusus untuk bidang pertanian," terang Totok.

photo
Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) di kompleks PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Diutarakan Totok, Petra Tani memanfaatkan lahan non produktif yang ada di Komplek Pertamina EP Rantau untuk kegiatan produktif pertanian. Kegiatan pertanian tersebut memberikan dampak positif bagi perusahaan yakni adanya pengamanan (social security) di area komplek Rantau Field. Selain dibidang pertanian, PPMP juga membuka kelas bagi siapapun itu, baik pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat secara umum untuk belajar, ataupun kegiatan penelitian.

"PPMP rutin tiap tahunnya menjadi lokasi pembelajaran bagi siswa mulai dari tingkatan TK, hingga SMK. Kegiatan pembelajaran yang kerap diadakan di PPMP antara lain field trip bagi siswa siswi TK, SD maupun SMP untuk mengenal dan belajar pertanian, praktik kerja lapangan (PKL) untuk siswa SMK, penelitian dan praktik lapangan bagi mahasiswa," tuturnya.

Menurut Totok, pada 2012, PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field mendirikan PPMP yang berlokasi di dalam Komplek Pertamina EP Rantau Field, Kampung Pertamina, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang. Melihat visi dan misi yang sangat aplikatif, hal ini kemudian direplikasi di berbagai field Pertamina EP lainnya. Hingga pada 2014 telah ada total enam PPMP yang diresmikan secara serentak di lokasi PPMP Rantau Field. Pada tahun 2019, inovasi yang dikembangkan oleh PPMP adalah pembuatan paving block plastic sebagai salah satu alternative penanganan sampah plastik bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Atam.

"Untuk mendukung kegiatan, PPMP Field Rantau dibangun diatas lahan kurang lebih seluas 40.000 m2 dan memiliki satu kantor sekretariat, satu perpusatakaan, satu rumah jaga, satu dapur, dua kamar mandi, satu mushala, dua kumbung jamur, satu rumah pembibitan, satu rumah apotik hidup, satu kandang sapi, satu kandang bebek, satu ruang inokulasi, satu ruang laboratorium, satu balai pertemuan, satu rumah pencacahan, satu rumah komposting, dan satu pos jaga," pungkas Totok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement