Sabtu 12 Oct 2019 12:30 WIB

Ini Cara untuk Mendukung Kelancaran Produksi UMKM

Karya Pandawa Sampurna memberikan bantuan dengan pembayaran secara berjangka.

PD Jaya Bagus merupakan perusahaan pembuat kayu lapis (plywood) atau dikenal dengan triplek.
Foto: Istimewa
PD Jaya Bagus merupakan perusahaan pembuat kayu lapis (plywood) atau dikenal dengan triplek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tantangan dalam dunia usaha saat ini semakin kompleks. Selain perlambatan ekonomi, ancaman resesi, hingga perang dagang yang tak kujung usai menjadi kekhawatiran pelaku bisnis.

Sementara di tingkat akar rumput, persoalan klasik seperti upah tenaga kerja, supply bahan baku yang tidak lancar, serta pembayaran yang terkadang tidak tepat waktu, membuat usaha kerap tersendat, hingga sulit berkembang.

Hal ini juga yang tengah dihadapi oleh perusahaan pembuat kayu lapis (plywood) atau yang dikenal masyarakat luas sebagai tripleks, PD Jaya Bagus. Perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Pesawar, Lampung ini, sebulan memiliki omzet antara Rp 3-5 miliar. Perusahaan ini, saat ini menghadapi cashflow yang tersendat akibat tempo pembayaran yang lama dari perusahaan mitra yang membeli produknya.

Menurut Veri, tersendatnya pembayaran ini membuat jaya bagus sulit untuk menembus pasar internasional, ditengah permintaan yang cukup besar. Situasinya seperti ini, ketika ada permintaan dalam jumlah besar, namun perusahaan tidak bisa berbuat banyak atau berproduksi karena ketiadaan bahan baku, yang dipicu tidak ada dana.

Sejalan dengan persoalan ini, PT Karya Pandawa Sampurna hadir memberikan bantuan berupa pengadaan bahan baku kayu untuk produksi, dengan sistem pembayaran secara berjangka. Sehingga usaha kayu BAGUSAN JAYA dapat terus berproduksi, meski cash flow tersendat.

Pembayaran dilakukan dalam tempo 5 pekan, sehingga harapannya dapat menunjang aliran dana dalam perusahaan karena lancarnya produksi dan pemenuhan order dari konsumen.

Direktur PT KARYA PANDAWA SAMPURNA Muhammad Nabiel dan Muhammad Bagier menyatakan dengan program ini, tidak ada lagi kendala produksi hanya karena belum mampu beli bahan baku karena ketiadaan dana.

"Tidak hanya usaha kecil di bidang jual beli kayu saja, namun diharapkan  juga bisa bermanfaat buat usaha kecil menengah lainnya," kata Nabiel dalam rilisnya, Sabtu (12/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement