Sabtu 01 Jul 2023 07:05 WIB

UKM Berkembang Lewat Creative Hub Terbaru di Jakarta, Apa Itu?

Creative Hub adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai layanan.

Creative Hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UKM.
Foto: Ninja Xpress
Creative Hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Usaha kecil dan menengah kini kian menjanjikan. Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), sepanjang 2022 UKM di Indonesia mencapai 8,71 juta unit. Jika dilihat berdasarkan provinsi, DKI Jakarta menduduki posisi keempat UKM terbanyak dengan jumlah mencapai 658,365 ribu unit usaha. 

Guna mengakselerasi pertumbuhan UKM,  Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, kembali menghadirkan Creative Hub baru yang lebih besar dari sebelumnya dan berlokasi di Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Creative Hub terbaru ini tidak hanya bisa digunakan bagi pelaku UKM, tetapi juga berbagai komunitas yang ingin mengembangkan kegiatan mereka.

Baca Juga

"Melihat besarnya potensi pelaku usaha di Jakarta dan kota-kota lainnya, adanya Creative Hub diharapkan menjadi tonggak penting dalam komitmen Ninja Xpress untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UKM di Indonesia,''  ujar Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress dalam siaran pers, Sabtu (1/7/2023).

Menurut Andi, Creative Hub adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai layanan seperti studio untuk pengambilan foto/video produk profesional serta pelaksanaan live selling dan tempat penyelenggaraan acara baik untuk UKM ataupun komunitas. Creative Hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UKM.

Sejak awal dibuka pada Maret lalu hingga awal Juni 2023, Creative Hub di Pejaten sudah digunakan untuk melakukan lebih dari 800 pengambilan foto produk dan lebih dari 350 pembuatan video produk, serta dipakai oleh lebih dari 80  UKM untuk melakukan foto dan video produk dan 5 UKM melakukan live selling dengan durasi total selama lebih dari 10  jam. 

Creative Hub juga memiliki beberapa area yang terdiri dari:

●Multifunction Space

Ruangan serbaguna ini mengadopsi gaya teater yang dapat menampung hingga 40 orang. Area ini bisa digunakan oleh UKM dan berbagai komunitas, seperti aktivis, seniman, akademisi, pengusaha, dan lain sebagainya untuk berbagai kegiatan. Terdapat juga fasilitas tambahan, seperti peralatan teknis profesional, proyektor dan layar LED, serta sound system. Area ini juga dilengkapi dengan VIP Area yang lokasinya berdekatan dengan ruang serbaguna dan dapat digunakan sebagai tempat tunggu dan ruang pertemuan. Area ini dapat menampung hingga 7 orang.

 

●Showcase Area

Berfungsi sebagai ruang pameran atau display untuk UKM yang telah menjadi mitra Ninja Xpress sejak tahun 2019. Produk yang dipamerkan bervariasi, mulai dari fashion, aksesori, herbal, hingga makanan.

 

●Outdoor Multifunction

Terletak di luar ruangan, area ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan komunitas yang dapat menampung hingga 30 orang. Di area ini, terdapat kolam renang dan berbagai macam tanaman yang akan menambah kenyamanan suasana. 

 

Avianty Utami, pemilik Cuambel, UKM asal Bekasi yang menjual varian sambal siap saji, menjelaskan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) bukan lagi menjadi kendala untuk mengikuti tren penjualan terkini, seperti live selling. Layanan live selling Ninja Xpress memberikan solusi untuk mengatasi tantangan selama proses live selling.

"Bersama Ninja Xpress, kami mendapatkan bantuan mulai dari pembuatan konten hingga pelaksanaan live selling. Ini sangat membantu, terutama bagi kami yang baru mulai menerapkan live selling. Dan meskipun masih baru, live selling ini mampu meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan awareness," jelas Avianty Utami yang juga merupakan salah satu shipper Ninja Xpress.

Shipper lainnya, Romario Sumali, pemilik Livana Shoes, UKM yang menjual koleksi sandal dan sepatu eksklusif bagi para ibu, menghadapi tantangan tersendiri dalam proses praproduksi, terutama dalam hal menciptakan foto-foto produk jualan yang menarik. 

"Untuk proses pembuatan foto produk jualan, kami pernah merekrut fotografer dan model freelance, bahkan kadang-kadang kami harus menyewa studio. Hal ini tentu saja meningkatkan biaya produksi. Akhirnya, kami memutuskan untuk menggunakan layanan foto produk dari Ninja Xpress. Selain hasilnya lebih baik dan sesuai dengan standar kami, tentunya kami juga bisa menekan biaya produksi," jelas Romario Sumali.

UKM dan komunitas di Jakarta dapat mengunjungi dan menggunakan berbagai fasilitas di Creative Hub Jakarta yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No.1A RT.2/RW.8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12510.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement