Senin 19 Aug 2019 13:03 WIB

XL Beri Edukasi Literasi Digital ke Emak-Emak

Penetrasi internet di kawasan urban dan rural terus mengalami pertumbuhan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program Sisternet bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar satu rangkaian edukasi literasi digital bernama “Arisan Ilmu” di enam kota. Salah satunya, di Kota Bandung,  XL menggelar literasi digital dengan mengambil tema “Optimisasi Media Sosial dengan VLOG”, Ahad (18/8).
Foto: Foto: Istimewa
XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program Sisternet bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar satu rangkaian edukasi literasi digital bernama “Arisan Ilmu” di enam kota. Salah satunya, di Kota Bandung, XL menggelar literasi digital dengan mengambil tema “Optimisasi Media Sosial dengan VLOG”, Ahad (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program Sisternet bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar satu rangkaian edukasi literasi digital bernama “Arisan Ilmu” di enam kota, sepanjang Juli-Agustus 2019. Salah satunya, di Kota Bandung,  XL menggelar literasi digital dengan mengambil tema “Optimisasi Media Sosial dengan VLOG". 

Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, acara ini digelar karena lertumbuhan teknologi digital terus melaju dengan cepat. Namun, tidak semua orang adaptif terhadap perubahan ini. Tantangan bagi mayoritas perempuan Indonesia, terutama ibu-ibu, di era serba digital seperti saat ini adalah bagaimana memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. 

“Sesuai dengan namanya “arisan”, program ini berupa sharing ketrampilan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai keperluan yang produktif dan positif," ujar Tri, belum lama ini.

Menurut Tri, dalam diskusi ini ia menghadirkan narasumber para praktisi berbagai bidang yang telah tergabung dalam KEB. "Kami berharap masyarakat, khususnya ibu-ibu di kota-kota di mana acara ini nanti digelar, bisa memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini,” katanya.

XL Axiata juga, menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para Ibu di Indonesia. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Di setiap kota, tersedia 100 kursi untuk peserta. Masyarakat yang berminat mengikuti, bisa mendaftar dengan cara menjadi member Sisternet di https://www.sisternet.co.id/page/event

Tri menjelaskan, berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8 persen dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini. 

Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun, kata dia, terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2 persen. 

"Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari," paparnya.

Sementara menurut Marketing Development Sisternet, Adelia Theresa Panjaitan, Arisan Ilmu ini merupakan kegiatan edukasi untuk emak-emak  bloger. Acara ini digelar, untuk mendukung perempuan melek digital. Salah satunya, membuat vlog

"Kami berharap, dengan kegiatan ini nantinya dari hobi jadi profesi. Kan sayang banget kalau hobi ga bisa menghasilkan padahal potensial menambah pendapatan," katanya.

Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB) Mira Sahid mengatakan, KEB komunitas blogger yang berisi para perempuan dengan latar belakang berbeda yang sudah dikaruniai anak ataupun belum. Komunitas ini berdiri sejak 18 Januari 2012, tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, hingga Makassar, Bengkulu, dan kota-kota besar lainnya. 

Hal ini kemudian menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang peduli dengan kemajuan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. 

"Harapannya, tingkat “melek digital” kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement