Kamis 11 Jul 2019 17:32 WIB

DPR Sepakat Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur BI

Destry Damayanti merupakan calon tunggal Deputi Gubernur BI yang diajukan Jokowi

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia Destry Damayanti
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia Destry Damayanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah meloloskan uji kepatuhan dan kelayakan atau fit and proper test Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Adapun fit and proper test telah dilakukan di Komisi XI DPR RI pada Rabu 1 Juli 2019.

Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng mengatakan pihaknya sudah memutuskan secara aklamasi, dihadiri 9 fraksi dari 10 fraksi yang ada. "Jadi kita diputuskan masing-masing fraksi dari 10 hadir 9 fraksi secara bulat utuh dan secara aklamasi Destry sebagai Deputi Gubenur Senior Bank Indonesia," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/7).

Baca Juga

Diharapkan, lanjut Mekeng, Deputi Gubernur Senior harus independen seperti mengatur moneter secara baik. Nantinya Destry akan menggantikan jabatan DGS BI saat ini Mirza Adityaswara, yang habis masa jabatanhya pada 25 Juli mendatang.

Destry saat ini menjadi Anggota DK LPS, Destry pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Mandiri Institute dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN (2014-2015), Kepala Ekonom Bank Mandiri (2011-2015), Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas (2005-2011), peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2005-2006), serta Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia (2000-2003).

Destry mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement