Senin 01 Jul 2019 23:58 WIB

BIJB akan Layani 12 Rute Penerbangan

Rute tersebut akan dilayani sebanyak lima maskapai dengan 24 penerbangan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah calon penumpang baru turun dari bus Damri tujuan Bandung - Kertajati, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Senin (1/7).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Sejumlah calon penumpang baru turun dari bus Damri tujuan Bandung - Kertajati, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Senin (1/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai Senin (1/7) penerbangan domestik yang menggunakan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Executive General Manager PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Cabang BIJB Ibut Astono mengatakan sebanyak 12 rute penerbangan akan dilayani di bandara tersebut.

"Untuk Sumatra melayani rute Deli Serdang, Palembang, Padang, Pekanbaru dan untuk Kepulauan Riau dari Batam. Untuk Kalimantan melayani Pontianak, Banjarmasin dan Balikpapan. Untuk Pulau Jawa melayani Surabaya, lainnya ada Denpasar dan Lombok," kata Ibut, Senin (1/7).

Baca Juga

Dia menjelaskan rencananya rute tersebut akan dilayani sebanyak lima maskapai dengan 24 penerbangan. Ibut memastikan maskapai yang berencana beroperasi yaitu Express Air yang mulai pada 7 Juli 2019 dan Air Asia yang melayani rute Surabaya pada 1 Agustus 2019.

Ibut menambahkan mulai hari ini sebanyak 19 penerbangan yang dilayani BIJB. "Maskapai Lion Air melayani sebabyak 11 penerbangan, Citilink melayani sebanyak enam penerbangan, Garuda Indonesia dan Air Asia masing-masing melayani satu penerbangan," jelas Ibut. 

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti mengimbau seluruh maskapai dan stakeholder penerbangan yang beroperasi di BIJB mengutamakan keselamatan, keamanan, dan pelayanan. "Ini dilakukam menyusul beroperasinya secara penuh penerbangan dari dan ke Majalengka," jelas Polana.

Selain itu, Polana juga memastikan operasional penerbangan dari dan ke BIJB berjalan lancar. "Juga siap melayani seluruh penerbangan domestik jenis pesawat jet hasil pemindahan dari Bandar Udara Husein Sastranegara di Bandung," ungkap Polana.

Jadwal penerbangan yang dilayani BIJB mulai hari ini yaitu Garuda Indonesia dengan rute Kertajati-Denpasar (pergi pulang) satu penerbangab. Sementara itu Air Asia juga melayani rute Kertajati-Denpasar dengan satu penerbangan.

Polana mengatakan Lion Air masing-masing melayani rute Kertajati-Ujung Pandang 2, Kertajati-Pontianak satu penerbangan, Pekanbaru-Kertajati-Balikpapan (pergi pulang) satu penerbangan, Surabaya-Kertajati-Batam pergi pulang satu penerbangan yaitu Kualanamu-Kertajati-Denpasar satu kapi perjalanan (pergi pulang), Banjarmasin-Kertajati (pergi pulang) satu penerbangan, Ujung Pandang-Kertajati satu penerbangan, dan Pontianak-kertajati satu penerbangan.

Sementara itu, Citilink masing-masing melayani rute Surabaya-Kertajati (pergi pulang) dua penerbangan, rute Denpasar-Kertajati (pergi pulang) satu penerbangan, rute Denpasar-Kertajati-Kualanamu (pulang pergi) satu penerbangan, Pekanbaru-Kertajati satu penerbangan, dan Palembang-Kertajati (pulang pergi) satu penerbangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement