Ahad 12 May 2024 22:53 WIB

Layani Jamaah Haji, Ini Persiapan Bandara Angkasa Pura II

Persiapan sudah dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan.

Calon jamaah haji kloter pertama bersiap menaiki pesawat sebelum berangkat ke Madinah di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (12/5/2024) dini hari.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon jamaah haji kloter pertama bersiap menaiki pesawat sebelum berangkat ke Madinah di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (12/5/2024) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara-bandara PT Angkasa Pura II siap melayani keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci yang terjadwal mulai 12 Mei 2024 dini hari.

“Pada dini hari 12 Mei 2024, dijadwalkan keberangkatan sekitar pukul 01.00 WIB, Bandara Soekarno-Hatta melayani keberangkatan kloter pertama jamaah haji Indonesia Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01),” kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga

Setelah itu, kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 02)/Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 02) dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Mei sekitar pukul 04.25 WIB.

Asmoro menuturkan persiapan sudah dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan sehingga diharapkan seluruh keberangkatan penerbangan haji di bandara-bandara AP II berjalan dengan lancar.

“Keberangkatan perdana jamaah haji di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan dini hari nanti yakni jemaah haji Kloter Embarkasi JKG 01 dan JKG 02 / JK2 02. Penerbangan dini hari nanti ini sekaligus menandakan dimulainya periode keberangkatan penerbangan haji 12 Mei sampai 10 Juni 2024 di bandara-bandara AP II,” ujar Asmoro.

Dia menuturkan AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memastikan kelancaran penerbangan haji.

“Kami juga memohon dukungan masyarakat agar bandara-bandara AP II dapat dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah haji,” ujar Asmoro.

Di Bandara Soekarno-Hatta, lanjut Asmoro, jamaah haji dalam memproses perjalanan dapat melalui fasilitas 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) yang disiapkan di Terminal 2D.

Melalui Makkah Route, para jamaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga hal tersebut akan membantu dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses administrasi jamaah haji.

Berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (mushala), hingga penambahan toilet portable.

Dalam melayani pelaksanaan haji tahun 2024, Bandara Soekarno-Hatta akan mengerahkan total 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Secara total, Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat keberangkatan bagi 53.621 calon jemaah haji yang tergabung di dalam 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

Adapun di samping Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang melayani keberangkatan calon jemaah haji adalah Bandara Minangkabau (Padang) dengan 17 kloter), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 12 kloter, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 25 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dengan 19 kloter dan Bandara Kertajati (Majalengka) dengan 30 kloter.

Asmoro menambahkan seluruh fasilitas di bandara yang melayani penerbangan haji dipastikan siap dalam melayani calon jamaah haji.

“Seluruh fasilitas operasional dan pelayanan bandara dipastikan siap untuk mendukung keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci. Koordinasi erat terus dilakukan dengan seluruh stakeholder,” ujar Asmoro.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement