Sabtu 08 Jun 2019 10:00 WIB

Trump Batal Kenakan Tarif Impor ke Meksiko

Sebelumnya Trump mengancam akan mengenakan tarif 5 persen untuk semua barang Meksiko

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Trump mengumbar sanksi ekonomi dan perang dagang.
Foto: republika
Trump mengumbar sanksi ekonomi dan perang dagang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump mengatakan pemerintah Meksiko telah mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk mencegah terjadinya perang tarif. Meksiko berjanji untuk mengambil langkah-langkah kuat untuk menahan migrasi sebagian besar orang Amerika Tengah yang melintasi perbatasan selatan AS.

Trump mengancam akan mengenakan tarif impor 5 persen untuk semua barang Meksiko mulai Senin (10/6) jika Meksiko tidak menyetujui tuntutannya untuk memperketat perbatasannya. Pengumumannya tentang kesepakatan datang setelah tiga hari negosiasi antara Meksiko-AS di Washington.

Baca Juga

"Tarif yang dijadwalkan akan dilaksanakan oleh AS pada hari Senin, melawan Meksiko, dengan ini ditangguhkan tanpa batas waktu," kata Trump di Twitter pada Jumat (10/6) malam.

"Meksiko, pada gilirannya, telah setuju untuk mengambil langkah-langkah kuat untuk membendung gelombang migrasi melalui Meksiko, dan ke Perbatasan Selatan kita. Ini dilakukan untuk mengurangi, atau menghilangkan, imigran ilegal yang datang dari Meksiko dan ke Amerika Serikat," tambah Trump.

Rincian perjanjian akan dirilis segera oleh Departemen Luar Negeri AS, kata Trump. Petugas perbatasan AS menangkap lebih dari 132 ribu orang yang menyeberang dari Meksiko pada Mei, tingkat bulanan tertinggi sejak 2006.

Trump, yang telah mencerca terhadap apa yang ia sebut sebagai invasi, telah mengancam untuk mengenakan pungutan hingga 25 persen kecuali Meksiko mengatasi masalah tersebut.

Meksiko membuat konsesi selama pembicaraan, menawarkan untuk mengirim 6.000 tentara ke perbatasan selatan dengan Guatemala, tetapi mengatakan ingin melihat solusi jangka panjang yang akan melibatkan bantuan pembangunan ekonomi.

Meksiko telah menyiapkan daftar kemungkinan tarif pembalasan yang menargetkan produk-produk dari negara-negara pertanian dan industri yang dianggap sebagai basis pemilihan Trump, taktik yang juga digunakan Cina yang menargetkan terhadap penawaran pemilihan ulang Trump pada 2020.

Menerapkan tarif pada Meksiko akan membuat AS berperang dengan dua dari tiga mitra dagang terbesarnya dan akan semakin membuat pasar keuangan tidak siap tentang perlambatan ekonomi global.

AS memukul tarif hingga 25 persen pada 200 miliar dolar AS impor Cina bulan lalu, mendorong Beijing untuk memungut tarif sendiri atas barang-barang AS 60 miliar dolar AS. Trump mengatakan pada Kamis (6/6) ia akan memutuskan akhir bulan ini apakah akan menerapkan tarif pada daftar tambahan 300 miliar dolar AS barang-barang Cina.

Para ekonom mengatakan dua sengketa perdagangan dapat merusak jalur pasokan pada saat ekspansi ekonomi global yang mengikuti krisis keuangan 2008 telah mulai suram dan risiko resesi telah meningkat.

Bahkan Amerika Serikat, salah satu pemain yang lebih solid di panggung ekonomi, tidak akan kebal terhadap goncangan ekonomi. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Jumat (7/6) bahwa pertumbuhan pekerjaan melambat tajam pada bulan Mei dan upah naik kurang dari yang diharapkan. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa hilangnya momentum dalam kegiatan ekonomi dapat menyebar ke pasar tenaga kerja.

Grup bisnis AS umumnya menentang tarif, memperingatkan mereka akan menaikkan biaya bagi perusahaan dan menyebabkan harga yang lebih tinggi bagi konsumen Amerika. Rekan-rekan Trump dari Partai Republik juga tidak tertarik pada prospek perang dagang terhadap dua negara tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement