Selasa 21 May 2019 01:37 WIB

Menteri Jonan Tagih Komitmen Freeport Hingga ke Amerika

Jonan melakukan pertemuan dengan CEO Freeport-McMorran

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Penampangan PT Freeport di Papua
Penampangan PT Freeport di Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM Ignasius Jonan beserta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Phoenix, Amerika Serikat (AS), 19-20 Mei 2019. Kunjungaan tersebut guna bertemu dengan CEO Freeport-McMorran dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua, serta meninjau fasilitas operasi tambang Freeport di Morenci, Arizona.

Kepala Biro Klik ESDM, Agung Pribadi menjelaskan kunjungan kerja Menteri ESDM dilakukan untuk mendorong dan memastikan 2 hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI, Pertama, Tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan dan kedua, Penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu 5 tahun setelah IUPK OP diterbitkan.

Baca Juga

"Dalam kunjungan kerja dimaksud, Menteri ESDM berkesempatan untuk mengunjungi salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona," ujar Agung, Senin (20/5).

Kunjungan ke Morenci dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

Selanjutnya tanggal 21 Mei 2019 Menteri ESDM akan melanjutkan kunjungan kerja ke Houston bertemu dengan pihak ConocoPhillips dan tiba kembali di tanah air tanggal 24 Mei 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement