Rabu 23 Jan 2019 05:45 WIB

Arcandra: Pertamina Sudah Lunasi Signature Bonus Blok Rokan

Pertamina sudah membuat anak usaha untuk mengelola Blok Rokan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Blok Rokan, Riau
Foto: migas.bisbak.com
Blok Rokan, Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎PT Pertamina (Persero) telah melunasi bonus tanda tangan (signature) pengelolaan Blok Rokan sebesar 783 juta dolar AS ke pemerintah. Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar membenarkan hal ini.

Hanya saja, kata Arcandra, memang masih ada urusan administrasi yang perlu dipenuhi oleh Pertamina. Menurutnya, setelah pembayaran bonus tanda tangan, akan dilakukan penanda‎tanganan kontrak bagi hasil atau production sharing contract (PSC) Blok Rokan dengan Pertamina selaku operator. 

Selanjutnya Pertamina boleh melakukan masa transisi pengelolaan Blok Rokan. "Kan pas dia tanda tangan dia diperbolehkan masa transisi langsung, dan Chevron sudah ada beberapa pembicaraan lah sudah mendekati kata sepakat," ujar Arcandra, Selasa (22/1).

Pertamina akan diberikan ‎kewenangan untuk menggandeng mitra untuk mengelola Blok Rokan. "Itu business to business Pertamina, setelah tanda tangan PSC, diperbolehkan cari partner," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan, Pertamina sudah membuat anak usaha untuk mengelola Blok Rokan pada 22 Desember 2018, serta menandatangani ketentuAN dimulainya masa transisi dengan Chevron Pacific Indonesia.

‎"Jadi sudah terjadi penandatangan transisi antara Pertamina dan Chevron,"‎ ujar Dharmawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement