Jumat 19 Oct 2018 18:28 WIB

Kurs Rupiah Akhir Pekan Menguat

Fundamental ekonomi Indonesia yang cukup kondusif.

Petugas menghitung pecahan dolar Amerika Serikat dan rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta,Ahad (2/9).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas menghitung pecahan dolar Amerika Serikat dan rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta,Ahad (2/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan sore ini menguat sebesar 16 poin menjadi Rp 15.197 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 15.213 per dolar AS. Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan nilai tukar rupiah mengalami apresiasi terhadap dolar AS karena fundamental ekonomi Indonesia yang cukup kondusif.

"Tekanan nilai tukar rupiah cenderung mulai berkurang, pada pekan lalu rupiah sempat menyentuh angka Rp 15.300-an," katanya pada Jumat (19/10).

Ia mengatakan salah satu indikator yang direspons positif pelaku pasar yakni neraca perdagangan Indonesia pada September 2018 mencatat surplus 0,23 miliar dolar AS. Neraca perdagangan membaik dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat defisit.

Sementara itu, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Freddy Tedja, mengatakan sentimen mengenai perang dagang cenderung mereda dibandingkan pada saat masih menjadi wacana. "Ini mengindikasikan pasar sudah semakin mengekspektasikan eskalasi atas konflik itu, sehingga 'negative shock' yang ada semakin berkurang," katanya.

Kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (19/10) tercatat rupiah melemah menjadi Rp 15.221 dibanding sebelumnya (18/10) di posisi Rp 15.187 per dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement