Jumat 12 Oct 2018 17:49 WIB

BRIsyariah Gaet Nasabah Milenial di Jogja Halal Festival

Ekonomi syariah dinilai memiliki potensi yang sangat besar.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
BRIsyariah ikut meramaikan Jogja Halal Festival 2018.
Foto: BRIsyariah
BRIsyariah ikut meramaikan Jogja Halal Festival 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Saat ini ekonomi syariah dinilai memiliki potensi yang sangat besar. Mulai dari industri makanan halal, kosmetik halal, wisata halal hingga halal fashion atau busana halal. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas Muslim, tentu menjadi peluang yang sangat besar untuk mengembangkan industri halal.

Negara-negara lain juga sudah melihat betapa besarnya potensi dari industri halal ini. Melihat tingginya animo masyarakat terhadap industri halal, Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES menggelar Jogja Halal Fest di Jogja Expo Center, Yogyakarta, mulai kamis (11/10) hingga Ahad (14/10).

Jogja Halal Fest merupakan event halal pertama yang di gelar di Yogyakarta, diikuti 217 entitas bisnis halal. Mulai kuliner, lembaga pendidikan, fashion, hingga lembaga keuangan syariah. Jogja Halal Fest di gaungkan kepada seluruh masyarakat melalui media promosi maupun media sosial dengan tagline #HalalItuIstimewa.

Sebagai salah satu bank syariah ritel modern, PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah pun tak mau ketinggalan. BRIsyariah turut berpartisipasi di event Jogja Halal Fest sekaligus mengusung tagline #HidupItuHarusBerFAEDAH.

BRIsyariah menawarkan beragam produk unggulan antara lain Tabungan Faedah BRIsyariah iB, Tabungan Faedah Haji BRIsyariah iB dan produk lainnya. BRIsyariah juga menawarkan program spesial Umrah dan Haji Khusus.

Program ini menyajikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berangkat umrah. Mulai dari harga 20 jutaan, nasabah sudah bisa menikmati fasilitas terbaik dari travel haji umrah rekanan BRIsyariah yaitu Wahana, Sahid Tour, Al-Qadri, Aero Hajj dan Musfiratur, sekaligus dapat membeli paket umrah melalui BRIsyariah.

Program spesial lainnya yaitu KPR super10. BRIsyariah memberikan margin spesial 10 persen bagi nasabah yang ingin beli rumah, renovasi, take over, refinancing sampai dengan kebutuhan konsumtif lainnya. Ada juga program Purna Gembira, yaitu promo spesial pembiayaan bagi para pensiunan.

Semua program spesial tersebut berlaku mulai bulan ini sampai dengan Desember 2018. Selain itu masih banyak lagi promo yang ditawarkan bagi masyarakat yang datang langsung ke booth BRIsyariah di Jogja Halal Fest.

"Target kami di acara ini adalah membirukan seluruh masyarakat yang hadir di Jogja Expo Center," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bank BRIsyariah Tbk. Indriati tri Handayani yang akrab di sapa Indri dalam siaran pers.

Menurutnya, BRIsyariah ingin terus mengedukasi masyarakat khususnya di Jogja bahwa perbankan syariah saat ini salah satunya BRIsyariah terus berinovasi. Juga menawarkan produk-produk bank syariah yang sama bagusnya, sama lengkapnya, dan sama modernnya dengan bank konvensional.

"Strategi kami menguatkan militansi, turun bersama, menyisir setiap sudut yang ada di JEC, memastikan setiap pengunjung yang hadir membaca brosur kami dan kemudian berminat mendatangi booth BRIsyariah hingga pada akhirnya memanfaatkan berbagai kelebihan dari produk dan jasa yang kami tawarkan dalam Jogja Halal Fest ini," tambah Indri.

Di hari pertama Jogja Halal Fest, booth BRIsyariah dibanjiri nasabah baru yaitu kaum milenial yang rata-rata usianya 20an. Anak muda milenial di Jogja banyak yang membuka Tabungan Faedah dan Tabungan Haji, hingga tak heran jika dalam setiap event, pencapaian target BRIsyariah di pendanaan maupun pembiayaan dapat terlampaui.

Mengapa Tabungan Haji? Ini tidak lepas dari lamanya masa antre haji di Indonesia. Tercatat, usia termuda yang membuka Tabungan Haji di event ini adalah 11 tahun. Kesadaran mereka untuk membuka Tabungan Haji di usia dini tidak lepas dari masa antre haji yang saat ini mencapai belasan tahun.

Dengan membuka Tabungan Haji di usia belasan, generasi milenial ini nantinya diharapkan bisa pergi haji saat kondisi fisiknya masih prima. Di event ini, generasi milenial tidak hanya tertarik membuka Tabungan Haji dan Tabungan Faedah.

photo
BRISyariah ikut meramaikan Jogja Halal Festival.

Mereka juga tertarik dengan produk proteksi diri yang ditawarkan anak perusahaan BRI lainnya, yaitu BRI Life. BRIsyariah menggandeng BRI Life di event ini sebagai bentuk dari BRIncorporated. Selain BRI Life, BRIsyariah juga menggandeng Jaringan PRIMA dan ATM Bersama untuk menyediakan EDC demi memudahkan nasabah melakukan transaksi BRIsyariah.

Generasi Milenial juga tertarik dengan mobile banking BRIsyariah yaitu BRIS Online. Selain memberikan kemudahan dengan menanggung biaya transaksi 50 persen, tampilan BRIS Online juga kekinian. Fitur yang ditawarkan lengkap dan yang paling penting terdapat konten islami didalamnya. Pengguna BRIS Online bisa mencari masjid terdekat, arah kiblat dan kemudahan mencari kebutuhan rohani.

"Dengan BRIS Online nasabah bisa melakukan transfer kemanapun, pembayaran apapun, listrik, Tokopedia, GOJEK yang transaksinya sudah mencapai belasan ribu di BRIS Online," katanya.

Lebih dari 90 persen pengguna media sosial (medsos) menggunakan smartphone dan ini menjadi peluang untuk mengembangkan teknologi yang disukai generasi milenial. Selain mengembangkan BRIS Online, BRIsyariah juga mengembangkan jaringan.

Mesin ATM BRIsyariah saat ini masih berjumlah 500 ribu, namun dengan teknologi yang ada, kartu ATM BRIsyariah dapat digunakan di mesin ATM manapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement