Sabtu 15 Sep 2018 01:50 WIB

PLN Siap Pasok Listrik ke Papua Nugini

Sebesar dua megawatt akan disalurkan tahap pertama di Wutung.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
Jaringan listrik PLN (ilustrasi)
Foto: Jojon/Antara
Jaringan listrik PLN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Wilayah Papua dan Papua Barat siap menyuplai listrik ke Papua Nugini (PNG) khususnya Wutung yang berbatasan dengan Skouw, Kota Jayapura. General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) JA Ari Dartomo menjelaskan penjajakan atau pembicaraan tentang rencana tersebut sudah dilakukan antara PLN dengan PNG Power Limited. Sebesar dua megawatt akan disalurkan tahap pertama di Wutung.

"Rencana menyuplai listrik ke PNG sudah dijajaki sejak 2013. Namun karena ketersediaan listrik masih terbatas maka hal itu belum dapat direalisasikan," kata Darmono melalui siaran persnya, Sabtu (15/9).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, saat ini sedang dipersiapkan seluruhnya oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, rencana jual-beli listrik dengan PNG dapat segera terealisasikan.

Sementara itu, Konsul RI untuk Vanimo, PNG, Abraham Lebelauw secara terpisah mengatakan penjajakan kerja sama di bidang kelistrikan antarkedua negara terus dilakukan. Salah satunya dengan kunjungan dari PNG Power Ltd ke PLN WP2B di Jayapura, Kamis lalu.

"Dalam kunjungan tersebut delegasi PNG di pimpin Asaka Togono dan itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kota kembar antara Jayapura-Vanimo," kata Lebelauw.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement