Rabu 07 Mar 2018 23:30 WIB

Sabrina Hadir untuk Layani Pelanggan BRI

Sabrina tersedia di platform Facebook Messenger dan Telegram.

Smart BRI New Assistant (Sabrina).
Foto: Istimewa
Smart BRI New Assistant (Sabrina).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Salah satu pelopor dalam bidang conversational AI (Kecerdasan Buatan untuk Percakapan) di Indonesia, Kata.ai mengumumkan kehadiran dua platform chatbot yang bakal membantu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Alfamart berkomunikasi dengan konsumennya.

Smart BRI New Assistant (Sabrina) adalah nama yang disematkan untuk chatbot layanan pelanggan BRI. Sedangkan Sahabat Alfamart (Shalma) akan berinteraksi untuk meningkatkan pelanggan berbelanja konsumen Alfamart.

Kehadiran Sabrina dan Shalma adalah milestone baru Kata.ai dalam menggaet klien-klien korporasi. Sebelumnya Veronika sudah hadir untuk konsumen Telkomsel dan Jemma untuk Unilever. Kata.ai memiliki spesialisasi membangun chatbot yang secara natural dapat berinteraksi dalam bahasa Indonesia.

"Kami yakin apa yang bisa kami capai melalui kemitraan dengan BRI dan Alfamart adalah langkah menuju demokratisasi AI sebagai suatu perangkat yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia," kata Co-Founder dan CEO Kata.ai Irzan Raditya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/3).

Kata.ai adalah salah satu startup yang bakal mengikuti SXSW 2018 di Texas, Amerika Serikat (AS), sebagai bagian dari program Bekraf.

Chatbot adalah program komputer yang dirancang untuk menjalankan suatu fungsi melalui percakapan alamiah yang memungkinkan pengguna berbicara dengan program ini seakan-akan berbicara seperti manusia.

Sabrina tersedia di platform Facebook Messenger dan Telegram, sementara Shalma di LINE. Meskipun demikian tidak menutup ke depannya baik Sabrina maupun Shalma bakal tersedia di platform yang lain.

Dengan menggunakan Sabrina, konsumen dapat menanyakan lokasi BRI terdekat dan menyampaikan keluhannya. Shalma diterapkan dengan tujuan yang berbeda, yaitu memberikan sarana komunikasi dan interaksi yang memberikan personalisasi kebutuhan konsumen Alfamart.

EVP Digital Centre of Excellence BRI Kaspar Situmorang mengatakan, demi menjawab tantangan digital di dalam dunia finansial, salah satu yang menjadi faktor penting adalah membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

"Sabrina memberikan kesempatan kepada kami untuk melayani dengan lebih baik dan juga sekaligus menjadi tempat untuk mendengarkan suara dari nasabah," kata Kaspar.

Sabrina adalah chatbot ketiga yang diterapkan perbankan di Indonesia. Sebelumnya PT Bank Central Asia Tbk sudah mengimplementasikan VIRA, sementara BNI mengeluarkan Cinta.

"Saat ini Alfamart melakukan big data analytic atas data member untuk memberikan pendekatan yang lebih customized bagi seluruh membernya. Dengan inovasi terbaru ini, Shalma diharapkan mampu menjadi chanel komunikasi dan pelayanan terbaru Alfamart bagi konsumen yang selalu siap memberi solusi dan informasi," kata General Manager Marketing Alfamart Linda Valentin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement